SOAL BAHASA INGGRIS
Choose the best answer.
Read the text to answer questions 1 and 2
Indikator
: Menentukan gambaran umum teks
fungsional pendek.
Indikator soal : Disajikan sebuah kartu ucapan, siswa
dapat menentukan topik teks itu.
Soal:
1.
What is the text about?
A. Opening
of a new shop
B. Description
of a new home
C. Advertisement
on a new restaurant
D. Congratulation
to someone on moving to a new house
Kunci jawaban : D Pembahasan :
Teks tersebut merupakan ucapan selamat menempati rumah baru.
========================================================= : Menentukan makna kata/frasa dalam teks
fungsional pendek. Indikator soal :
Disajikan kutipan kalimat dari teks dengan salah satu kata/frasa digaris bawahi, siswa dapat menentukan
makna kata tersebut
dengan tepat.
Soal:
2.
“ a blessing upon your new dwelling” The underlined word has similar meaning with… A. family
B. houes
C. street
D. room
Kunci jawaban : B Pembahasan :
Kata dwelling berarti rumah atau tempat tinggal, jadi
padanan kata yang sesuai adalah House.
=========================================================
Read the text to answer questions 3 to 5.
Indikator : Menentukan gambaran umum teks fungsional
pendek
Indikator soal : Diberikan teks pesan singkat, siswa
dapat menentukan topik pesan singkat tersebut.
Soal:
3.
What is the message about?
A. A
sick grandma
B. A
delay of an activity
C. A
Working project
D. A
great plan
Kunci jawaban : B
Pembahasan :
Isi pesan tersebut adalah penundaan suatu kegiatan karena
penulis pesan berhalangan hadir.Pilihan yang tepat adalah b.
=========================================================
:
Menentukan informasi rinci teks fungsional pendek
: Diberikan pesan singkat tertulis, siswa
dapat menentukan informasi rincinya.
Soal:
4.
Dinda can’t come to Mira’s house because… A. the
project has not planned.
B. she
has to work in the hospital.
C. her
grandma is sick.
D. Dinda
must be hospitalized
Kunci jawaban : C Pembahasan :
Alasan Dinda tidak dapat datang adalah karena neneknya
sakit,
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Diberikan teks pesan
singkat, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan informasi tersirat dengan
tepat.
Soal:
5.
From the message above we know that...
A. Dinda
and Mira have to work together on their project.
B. Dinda’s
grandma involves in the project.
C. Dinda
and her grandma will meet Mira at the hospital.
D. Dinda
expect Mira to stay in the hospital with her.
Kunci jawaban : A Pembahasan :
Dari dalam teks bisa disimpulkan bahwa Dinda dan Mira sudah
merencanakan untuk bekerjasama dalam membuat project.Jadi pilihan yang sesuai
adalah a.
=========================================================
Read the text to answer questions 6 and 7
:
Menentukan tujuan komunikatif teks.
:
Disajikan teks undangan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan penulisan dengan
tepat.
Soal:
6.
What is the text written for?
A. To invite somebody
to a party
B. To
celebrate a new baby
C. To
welcome a princess
D. To
show the way to Lexington
Kunci jawaban : A
Pembahasan : Teks tersebut berupa
undangan untuk merayakan ulang tahun Brianna yang keempat, bisa dilihat dari
beberapa kata kunci misalnya RSVP. Jadi pilihan yang tepat adalah to invite
somebody to a party.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal : Disajikan teks undangan, siswa depat
menentukan jawaban informasi tertentu dengan tepat.
Soal:
7.
Who should we contact to make a confirmation?
A. Brianna
B. Airy
Princess
C. Mr.
Solomon
D. Kathy
Kunci jawaban : D Pembahasan :
Dalam teks disebutkan “please RSVP to Kathy…” berarti kita
harus konfirmasi kepada Kathy.
=========================================================
Read the text to answer questions 8 to 9
Dear Parents,
We would like to announce the available roster of tutorial
services offered by our school. This is part of our after-school academic
immersion program:
•
Algebra for elementary and high school levels
•
History, Science and Chemistry
•
Specific subjects for high school levels
Schedule of Sessions: 1 1/2 hours Monday to Friday except
holidays.
Class .….. Size: …...
Maximum ….. of…. 10 …..students.
Fee: $250/quarter.
For further information,
you may contact our office at 555-2773.
Thank you very much.
Academic Advisor
|
:
Menentukan gambaran umum teks
:
Diberikan sebuah teks pengumuman, siswa dapat menentukan gambaran umum teks tersebut.
Soal:
8.
What is the announcement about?
A. Algebra
class
B. Specific
subjects for students
C. The
roster of tutorial services
D. History,
science, and chemistry lessons
Kunci jawaban : C Pembahasan :
Secara umum teks tersebut memberitahukan tentang tutorial
services yang akan diselenggarakan oleh sekolah.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Diberikan teks announcement
yang sama, siswa dapat menentukan
informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
Soal:
9.
We can conclude that ...
A. The
services are free of charge.
B. The
programs will be held during weekend.
C. There
will be no more than 10 students in a class.
D. This
is not part of after-school academic immersion program.
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Dalam teks tertulis “Class Size: Maximum of 10 students.” Berarti dalam satu
kelas tidak boleh lebih dari 10 siswa.
=========================================================
Indikator : Menentukan gambaran umum isi teks
Indikator soal : Diberikan iklan tentang telepon
genggam, siswa dapat menentukan gambaran umum teks.
Soal:
10. What
is offered in the advertisement?
A. Notebook
B. Mobile
phone
C. Personal
computer
D. Digital
camera
Kunci jawaban : B Pembahasan :
Yang ditawarkan dalam iklan tersebut adalah produk dari
Samsung berupa telepon genggam, sebagaimana bisa dilihat dari visualisasi
gambarnya.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal : Diberikan iklan tentang telepon genggam,
siswa dapat menentukan informasi
rinci dalam teks.
Soal:
11. How
many coloursdoes the product offer?
A. One
B. Two
C. Four
D. Six
Kunci jawaban : B Pembahasan :
Warna yang tersedia ada dua macam yaitu marble white dan pebble blue.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal : Diberikan iklan tentang telepon genggam,
siswa dapat menentukan informasi
rinci dalam teks.
Soal:
12. What
reflects Samsung Galaxy III’s organic design? A. Comfortable grip and gentle curves
B. Shooting
sounds
C. Live
wallpaper’s ripples
D. Beautifully
seamless form
Kunci jawaban : A
Pembahasan :Dalam teks tertulis “The Samsung GALAXY
III’s
comfortable grip and
gentle curves reflect its organic design.”
=========================================================
Read the text to answer questions 13 to 15
Dear Frank:
It's been said that "A friend in need, is a friend
indeed." No words could better describe what your friendship has meant
to us over the years.
Marie and I appreciate your taking the kids out to dinner
last Thursday, so that we could be with her mom at the hospital.
It's wonderful to have friends like you, who are always there
for us when we need you most.
Marie and I want you to know that we cherish your
friendship. Should you ever need us in any way, please don't hesitate to call
on us.
With warm affection, Tim and Marie
|
Indikator : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal : Disajikan sebuah surat, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan informasi tertentu dari teks dengan
tepat.
Soal:
13. Who
took the kids out to dinner?
A. Mary
and her mom
B. Tim
and Marie
C. Marie
D. Frank.
Kunci jawaban : D Pembahasan :
Yang mengajak anak-anak makan malam di luar adalah Frank,
karena kata you dalam surat tersebut
merujuk pada si penerima yaitu Frank.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Disajikan sebuah surat
yang sama, siswa dapat menentukan jawaban informasi tersirat dari teks tersebut
dengan tepat.
Soal:
14. From
the text we know that…
A. Marie was hospitalized.
B. Frank
is Marie’s brother.
C. Tim
and Marie were very grateful to Frank.
D. Tim
and Marie could not visit Marie’s mom in the hospital.
Kunci jawaban : C
Pembahasan : Surat itu mengekspresikan rasa terima
kasih Tim dan Marie atas bantuan yang diberikan Frank.
=========================================================
Indikator : Menentukan makna kata/frasa dalam teks
Indikator soal : Disajikan kutipan
kalimat dari teks dengan salah satu kata/frasa
digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna kata tersebut dengan tepat.
Soal:
15. “Marie
and I want you to know that we cherish your
friendship. “ The word cherishmeans…
A. know.
B. hate.
C. appreciate.
D. misunderstand.
Kunci jawaban : C Pembahasan :
Kata cherish bermakna menghargai, jadi padanan yang
sesuaiadalah appreciate.
=========================================================
Read the text to answer question 16
Indikator : Menentukan makna teks fungsional pendek
Indikator soal : Disajikan kutipan
kalimat dari caution di tempat umum,
siswa dapat menentukan makna caution tersebut.
Soal:
16. The
above caution means ...
A. we
need to buy eye-protection equipment.
B. It
is very easy to find eye-protection equipment.
C. some
students are using eye-protection equipment.
D. it
is very important to wear eye protection equipment.
Kunci jawaban : D Pembahasan :
Teks mengisyaratkan keharusan menggunakan eye protection.
=========================================================
Read the text to answer questions 17 to 19
The Rising Stars
The success
of Harry Potter movies has made Daniel Radcliffe, Emma Watson, and Rupert Grint
the centre of public attention. The three rising stars have grown up on screen
and grown into his or her role as an actor. Daniel Jacob Radcliffe was born in
Fulham, London, 23 July 1989. His nickname is Dan. He is the only child of Alan
Radcliffe and Marcia Gresham. Dan has dark brown hair and blue eyes. His height
is about 168 cm. He is a loyal, shy, down-to-earth, and humorous person. He is
also intelligent and somewhat mysterious. He loves football, Formula One racing
and gymnastics.
Emma
Charlotte Duerre Watson was born in Paris, France, 15 April 1990. Her nickname
is Emma. She is the daughter of Chris Watson and Jacqueline Luesby. She lived
in Paris until the age of five before she moved with her mother and younger
brother Alexander to Oxford, England. Emma has wavy brown hair. Her height is
165 cm. She is an openhanded, friendly, and determined person. She also said
that she is a little bit stubborn. Emma loves dancing, singing, tennis and
art.
Rupert
Alexander Grint was born in Hertfordshire, England, 24 Au-gust,
1988. His nickname is Rupert. He is the oldest son of
Nigel Grint and Jo Parsons. Rupert has bright red hair. His height is 180 cm.
He is an active and humorous person. He is also very humble.
However, he
is the shyest of the three Harry Potter co-stars. Rupert is arachnophobia. It
means that he is afraid of spiders. He likes all kinds of music, but his
favorite is classic rock and roll. His favorite school subject is Chemistry.
These Hogwarts trio have been really great associates, not only on screen but
also in real life. Their secret of friendship is that they always understand
each other although they have different backgrounds and personalities.
Indikator : Menentukan gambaran umum isi teks
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat
menentukangambaran umum isi teks dengan tepat.
Soal:
17. What
is the text about?
A. The life of Harry Potter stars
B. The
making of Harry Potter movies
C. The
success of Harry Potter series
D. The
description of the stars of Harry Potter
Kunci jawaban : D Pembahasan :
Teks tersebut berisi deskripsi trio yang membintangi
HarryPotter.
=========================================================
Indikator : Menentukan makna kata/frasa
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal,
siswa dapat menentukan sinonim sebuah kata yang dipilihkan. Soal:
18. “She is an openhanded, friendly, and determined person.”
The underlined word is similar in meaning with…
A. generous.
B. grateful.
C. wealthy.
D. mean.
Kunci jawaban : A Pembahasan :
Kata openhanded
bermakna pemurah, padanannya adalah generous.
=========================================================
Indikator : Menentukan makna tersirat
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang
terkenal, siswa dapat menemukanhubungan
antar tokoh dengan tepat.
Soal:
19. From
the text we know that the three rising stars are…
A. good friends.
B. only
good while on screen.
C. jealous
with each other.
D. not
willing to help each other.
Kunci jawaban : A Pembahasan :
Ketiga sahabat itu memang sahabat sejati, bukan hanya di
layar film saja tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.
=========================================================
Read the text to answer questions 20 to 22
Gontor 5 for Girls
Gontor 5 for Girls is a school located in Kandangan, Pare, Kediri, East
Java. On its 4th age, the institution, inhabited by 529 students and 65
teachers, directed by Mr. H. Agus Mulyana, S.Ag., always develops and keeps
its existence. It is a boarding
school. All students live in dormitories. So, they do everything
together.
Students get up early in the morning and do their dawn
prayer. Then they take a bath and have breakfast together. Before the morning
classes start, they return to their bedroom to make the beds and clean the
rooms. After school they
|
usually
do sports or other extracurricular activities.
In
the evening they have dinner together. Then they prepare themselves for the
next day. Some of them do their homework and others study or read books. Before
they go to bed, they have time to relax. They chat with their friends or read
magazines.
Indikator : Menentukan makna tersirat
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang kegiatan sehari-hari, siswa
dapat menentukan sifat orang yang tersirat di dalam teks.
Soal:
20. From
the text we know that the students of Gontor 5 for Girls are…
A. Lazy
and slow.
B. Active
and independent.
C. Reactive
and rebellious.
D. Irresponsible
and enthusiastic.
Kunci jawaban : B Pembahasan :
Dari kebiasaan sehari-hari yang dilakukan para siswa
menunjukkan bahwa mereka merupakan siswa yang aktif dan bertanggung jawab,
=========================================================
Indikator : Menentukan pikiran utama paragraf
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang kegiatan sehari-hari,
siswa dapat menentukan pikiran utama paragraph tertentu.
Soal:
21. What
is the main idea of the last paragraph?
A. Students
extracurricular activities in the morning.
B. Students
have many activities in the evening.
C. Studentsdo
their homework in the evening.
D. Students
chat with their friend before going to
bed.
Kunci jawaban : B Pembahasan :
Paragraf terakhir berisi kegiatan siswa di malam hari.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi rinci tersurat
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang
kegiatan sehari-hari, siswa
dapat menentukan informasi rinci alasan
ketenaran orang yg
dideskripsikan.
Soal:
22. When
do the students make the beds and clean the rooms?
A. After
they get up
B. Before
they do their dawn prayer
C. Before
they take a bath
D. Before
the morning classes start
Kunci jawaban : D Pembahasan :
Para siswa kembali ke kamar untuk membereskan dan
membersihkannya sebelum pelajaran pagi mulai.Informasi ini dapat ditemukan di
paragraph 2.
=========================================================
Read the text to answer questions 23 to 25
Mahogany
In
the natural rainforest, Mahogany is a very large canopy tree, sometimes
reaching over 150 feet in height, with trunks sometimes more than 6 feet in
diameter above a large basal buttress. It is a generally open-crowned tree,
with gray to brownish-red fissured bark.
Mahogany
is perhaps the most valuable timber tree in the whole of Latin America and has
been heavily exploited for most of this century. Mahogany is becoming
increasingly rare, and is already extinct in parts of its original range. It is
listed as threatened in "Arboles Maderables en Peligro de Extinción en
Costa Rica" and is listed in CITES Appendix III.
Mahogany
varies from yellowish, reddish, pinkish, or salmon colored when freshly cut, to
a deep rich red, to reddish brown as the wood matures with age. Mahogany is
fine to medium texture, with uniform to interlocking grain, ranging from
straight to wavy or curly. Irregularities in the grain often produce highly
attractive figures such as fiddle back or mottle. Mahogany polishes to a high
luster, with excellent working and finishing characteristics. It responds well
to hand and machine tools, has good nailing and screwing properties, and turns
and carves superbly.
Mahogany
is regarded by many as the world's premier wood for fine cabinetry, high-class
furniture, trimming fine boats, pianos and other musical instruments,
sculpture, joinery, turnery, figured and decorative veneer, interior trim, and
carving.
Indikator : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal : Disajikan teks report tentang tumbuhan, siswa dapat menentukan informasi tertentu di dalam teks.
Soal:
23. How
large can Mahogany be?
A. Less than 5 feet in diameter
B. More
than 6 feet in diameter
C. About
100 feet in diameter
D. Over
150 feet in diameter
Kunci jawaban : B Pembahasan :
Ukuran pohon tersebut bisa mencapai lebih dari 6 meter
diameternya.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal : Disajikan teks report tentang tumbuhan,
siswa dapat menentukan informasi
rinci di dalam teks.
Soal:
24. What
makes Mahogany becoming increasingly rare?
A. Its
size
B. Its
exploitation
C. Its
quality
D. Its
value
Kunci jawaban : B Pembahasan :
Yang menyebabkan pohon itu semakin langka adalah karena
dieksploitasi.
=========================================================
Indikator : Menentukan makna kata/frasa
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang
terkenal, siswa dapat menentukan sinonim sebuah kata yang
dipilihkan.
Soal:
25. “…
and is already extinct in parts of its
original range. The underlined word means…
A. survive
B. vanish
C. stay
alive
D. uncommon
Kunci jawaban : b Pembahasan :
Kata extinct bermakna punah, padanannya adalah vanish.
=========================================================
Read the text to answer questions 26 to 28
INGREDIENTS
1 Small
chicken, cut into pieces
2 cups
fresh coconut milk (or 200 ml thick coconut milk and 200 ml water)
GRINDED SPICES
Shallots, garlic,
galangal, lemongrass, cumin, salt, pepper, coriander
COOKING DIRECTIONS
Boil chicken. Allow 2 cups of broth to remain in the pot.
Fry the grinded spices
with 2 spoons of vegetable oil.
Add the spices into the
boiled chicken; turn to low heat until it is tender.
Add the coconut milk, stir, continue simmer
to enhance flavor. Serve your white chicken curry while hot.
|
Indikator : Menentukan gambaran umum isi teks
Indikator soal : Disajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menentukan gambaran umum teks.
Soal:
26. What
is the text about?
A. How
to grind spices
B. How
to fry chicken
C. How
to make thick coconut milk
D. How
to cook white chicken curry
Kunci jawaban : d Pembahasan :
Teks tersebut berupa resep cara membuat opor ayam (white
chicken curry).
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tersirat dalam teks
Indikator soal : Disajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menentukan makna tersirat di
dalam teks.
Soal:
27. Why
do we need to simmer after adding coconut milk?
A. To
make the chicken tender
B. To
get attractive color
C. To
make the curry spicy
D. To
enhance flavor
Kunci jawaban : D Pembahasan :
Tujuannya adalah agar santan
meresap sehingga rasanya lebih lezat, sebagaimana tertulis dalam teks “Add the coconut milk, stir, continue simmer
to enhance flavor.”
=========================================================
Indikator : Menentukan rujukan kata dalam teks
Indikator soal : Disajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menentukan rujukan kata tertentu
di dalam teks.
Soal:
28. “…
turn to low heat until it is tender.” The
word it refers to…
A. heat
B. spice
C. chicken
D. vegetable
oil
Kunci jawaban : C
Pembahasan : Yang menjadi empuk adalah chicken,
=========================================================
Read the text to answer questions 29 to 30
How to Remove Ballpoint Pen Ink Stains From Fabric
Instructions
Things You'll Need:
•
Paper towels
•
Clean cloth
•
Hair Spray
•
Terry Cloth Washcloths
•
Sponges
•
Rubbing Alcohol
•
Nail Polish Remover
•
Laundry Pretreatment
•
Liquid Bleach
Steps:
1.
Sponge the stain with water to remove as much ink as
possible.
2.
Allow the spot to dry.
3.
Set the affected area face down on a clean cloth or
paper towels.
4.
Spray the back side of the stain with hairspray, or
apply rubbing alcohol or nail polish remover.
5.
Blot the back side with a clean terry cloth washcloth
to further remove as much ink as possible.
6.
Apply laundry pretreatment.
7.
Wash in warm water.
8.
Air dry.
|
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Disajikan teks
procedure, siswa dapat menentukan informasi
tersirat tentang topik di dalam teks.
Soal:
29. According
to the text, we do not need to…
A. wash
the cloth
B. dry
the spot
C. apply
laundry pretreatment
D. use
dryer
Kunci jawaban : D Pembahasan :
Pada langkah terakhir disebutkan “air dry” jadi kita tidak memerlukan alat pengering.
========================================================= Indikator : Menentukan makna kata/frasa
Indikator soal : Disajikan teks procedure, siswa dapat menentukan sinonim
sebuah kata yang dipilihkan.
Soal:
30. “Allow
the spot to dry.” The underlined word has
similar meaning to….
A. ink.
B. cloth.
C. mark.
D. fabric.
Kunci jawaban : c
Pembahasan : Persamaan kata yang tepat
untuk spot adalah mark, yaitu area atau tanda noda pada kain, yang sudah dilap
dengan air.
=========================================================
Read the text to answer questions 31 to 33
My Worst Mistake
Hi Diary,
I’ve just had the
worst day ever! It all began at
morning break. This horrible boy came
over and pushed me for no reason. When
I pushed him back I was the one who got into trouble. I was given a nasty note from Ms Thomas to
take home to mom.
Later when mum read the note she blamed me – she wouldn’t
even
listen to my side of
things. It’s not fair. Now I’m grounded for a month and all I did
was stick up for myself.
Still I have learned one thing today –
violence won’t solve my problems
but telling tales just
might!
|
Indikator : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal : Disajikan teks recount, siswa dapat
menentukan informasi tententu di dalam teks.
Soal:
31. What
did the writer take home for his mom?
A. Good
report from school
B. The
photo of the horrible boy
C. The
nasty note from Ms. Thomas
D. Punishment
letter from the principal
Kunci jawaban : C Pembahasan :
Yang harus diberikan untuk ibunya adalah note dari Ms.
Thomas, seperti yang disebutkan dalam paragraph pertama kalimat terakhir.
=========================================================
Indikator : Menentukan pikiran utama paragraf
Indikator soal : Disajikan teks
recount, siswa dapat menentukan pikiran utama paragraph yang ditentukan.
Soal:
32. What
is the main idea of paragraph 2? A. The boy had a horrible life.
B. The
writer was blamed by his mom.
C. Ms.
Thomas gave him a nasty note.
D. Something
has to be learned from his experience.
Kunci jawaban : B Pembahasan :
Setelah ibunya membaca note dari Ms. Thomas dia menyalahkan
penulis: “Later when mum read the note
she blamed me.”
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tersurat
Indikator soal : Disajikan teks recount, siswa dapat
menentukan informasi tersurat yang ditentukan.
Soal:
33. What
did the writer learn from his experience?
A. Violence
won’t solve problems.
B. Telling
tales makes life worse.
C. Being
given a nasty note is a fun.
D. Making
friend is not necessary.
Kunci jawaban : A Pembahasan :
Disebutkan dalam paragraph terakhir bahwa pada akhirnya
penulis menyadari kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah.
=========================================================
Read the text to answer questions 34 to 36
Steven Paul Jobs was born on 24 February 1955 in San Francisco,
California, to Abdulfattah Jandali and Joanne who gave him up for adoption.
He was taken in by Paul and Clara Jobs, and grew up with them in Mountain
View, California.
He attended Homestead High School in Cupertino California and went to
Reed College in Portland Oregon in 1972 but dropped out after only one
semester, staying on to "drop in" on courses that interested him.
He took a job with video game manufacturer Atari to raise enough money
for a
trip to India and returned from there a Buddhist.
Back in Cupertino he returned to Atari where his old friend Steve
Wozniak was
still working. Wozniak
was building his own computer and in 1976 Jobs pre-sold 50 of the as-yet
unmade computers to a local store and managed to buy the components on credit
solely on the strength of the order, enabling them to build the Apple I
without any
|
funding at all.
The Apple II followed in 1977 and the company Apple Computer was
formed
shortly afterwards. By the time production of the Apple II ended in
1993 it had sold over 6 million units.
In 1985 Jobs was fired
from Apple and immediately founded another computer company, NeXT.
In the meantime, in 1986, Jobs bought The Computer Graphics Group from
Lucasfilm. The group was responsible for making high-end computer graphics
hardware but under its new name, Pixar, it began to produce innovative
computer animations. Their first title under the Pixar name, Luxo Jr. (1986)
won critical and popular acclaim and in 1991 Pixar signed an agreement with
Disney, with whom it already had a relationship, to produce a series of
feature films, beginning with Toy Story (1995).
In 1996 Apple bought NeXT and Jobs returned to Apple, becoming its
CEO. In 2003, Jobs was diagnosed with pancreatic cancer and underwent surgery
in 2004. Despite the success of this operation he became increasingly ill and
received a liver transplant in 2009. He returned to work after a six month
break but eventually resigned his position in August 2011 after another
period of medical leave which began in January 2011. He died on 5 October
2011.
|
Indikator : Menentukan tertentu
Indikator soal : Disajikan teks
recount, siswa dapat menentukan informasi
yang ditentukan.
Soal:
34. Apple
II was built in…
A. 1976.
B. 1977.
C. 1993.
D.
1995.
Kunci jawaban : B Pembahasan :
Dusebutkan di dalam bacaan bahwa “The Apple II followed in 1977 and the
company Apple Computer was formed shortly afterwards.”
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan informasi tersirat yang terkandung dalam teks.
Soal:
35. Steve
Jobs resigned from his position because…
A. Apple fired him.
B. he
signed an agreement with Disney.
C. he
won critical and popular acclaim.
D. his
health condition became worse.
Kunci jawaban : D Pembahasan :
Steve Jobs akhirnya mengundurkan diri karena kondisi
kesehatannya yang memburuk.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal :
Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan informasi rinci yang ditentukan.
Soal:
36. What
did Steve do when he was fired from Apple?
A. Returning
to Atari
B. Founding
NeXT
C. Signing
an agreement with Disney
D. Producing
a series of feature films
Kunci jawaban : B Pembahasan :
Setelah diberhentikan dari Apple, steve Jobs mendirikan
NeXT.
=========================================================
Read the text to answer questions 37 to 39
Long ago, there lived a little boy named Sammy. He was a good boy. He
was good in his studies, obedient to his parents, more intelligent than many
other boys in his class and kind to everyone.
Now there was another boy named Timmy who studied in the same class as
Sammy. Unlike Sammy, he was not good at studies and always liked to play
during school hours. He misbehaved with his parents, bullied his classmates
and even ill-treated Sammy.
On his eighth birthday, Sammy got a nice pen as a gift from
his parents. He brought it to school so that he could use it to take down the
notes of the lectures that the teachers gave in class. When Timmy saw it, he
felt uneasy. He asked Sammy,
"Hey, where did you get that? Did
you buy it?"
"My parents gave it as a birthday
gift to me." replied Sammy.
Timmy was overwhelmed with anger and jealousy. His parents never gave
him a gift. He decided to steal Sammy's pen. During recess, when everyone had
gone out from the class, Timmy opened Sammy's bag and took out his pen. Then
he hid it inside his bag and went out.
When Sammy came back and could not find his pen, he informed his class
teacher about it. There was a hunt for the missing pen and the class teacher
ordered the class monitor to search the bag of every children inside the
class. The missing pen was soon found out of Timmy's bag and the furious
teacher asked the errant boy,
"Now Timmy, what do you have to say
about it?" Timmy was in tears. He
had nothing to say.
|
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal : Disajikan teks narrative, siswa dapat menentukan informasi rinci yang ditentukan.
Soal:
37. Timmy
is Sammy’s … A. brother.
B. cousin.
C. nephew.
D.
classmate. Kunci
jawaban : d Pembahasan :
Timmy adalah teman se4kelas Sammy.Hal ini dapat dilihat di
paragraph 2.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Disajikan teks narrative, siswa dapat
menentukan informasi tersirat yang terkandung dalam teks.
Soal:
38. Timmy
decided to steal Sammy's pen because…
A. he wanted the pen.
B. the
teacher asked him.
C. his
friends made him angry.
D. he
was jealous of Sammy.
Kunci jawaban : D Pembahasan :
Timmy melakukan hal itu karena iri hati, karena dia tidak
pernah menerima hal seperti itu dari orang tuanya.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal : Disajikan teks narrative, siswa dapat
menentukan informasi rinci yang ditentukan. Soal:
39. What
did Timmy do to Sammy’s new pen?
A. He hid it inside his bag.
B. He
threw it to the dustbin.
C. He
put it in the teacher’s bag.
D. He
gave it to his friend.
Kunci jawaban : A Pembahasan :
Yang dilakukan Timmy adalah menyembunyikan pena tersebut ke
dalam tasnya.
=========================================================
Read the text to answer questions 40 to 42
One day a man was going to
market with his son and his ass. They met a couple on the way.
"Why walk when you have
an ass to ride?" called out the husband, "seat the boy on the
ass."
"I would like that," said the
boy, "help me up father." And the father did that willingly.
|
Soon
they met another couple. "How shameful of you!" cried the woman,
"let your father ride, won't he be tired?"
So,
the boy got down and the father rode the ass. Again they marched on. "Poor
boy", said the next person they met, "why should the lazy father ride
while his son is walking?"
So,
the boy got onto the ass too. As they went on, they met some travelers.
"How cruel of them!" They are up to kill the poor ass." cried
one of the travelers.
Hearing this, the father and the son got down.
Now they decided to carry the ass on their shoulders. As they did so, the
travelers broke into laughter. The laughter frightened the ass. It broke free
and galloped away.
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Disajikan teks narrative, siswa dapat
menentukan informasi tersirat
yang ditentukan.
Soal:
40. How
did the man feel when he put the boy on the ass?
A. Sad
B. Cruel
C. Happy
D. Jealous
Kunci jawaban : C Pembahasan :
Sang ayah melakukannya dengan senang hati, “And the father
did that willingly.”
=========================================================
Indikator : Menentukan rujukan kata dalam teks
Indikator soal : Disajikan teks
narrative, siswa dapat menentukan rujukan kata yang ditentukan dalam teks.
Soal:
41. “Now they decided to carry the ass on their
shoulders.” The word “they” in the sentence refers to…
A. the
travelers.
B. the
boy and his father.
C. the
boy and the ass.
D. the
travelers and the ass.
Kunci jawaban : B Pembahasan :
Kata they dalam kalimat tersebut merujuk pada anak laki-laki
itu dengan ayahnya.
=========================================================
Indikator : Menentukan pesan moral dalam teks
Indikator soal : Disajikan teks
narrative, siswa dapat menentukan pesan moral dalam teks.
Soal:
42. What
can we learn from the story?
A. You cannot please everyone.
B. We
should help other people.
C. Do
not believe anybody else.
D. You
must take your child with you.
Kunci jawaban : A Pembahasan :
Pesan moral dari cerita tersebuta adalah bahwa kita tidak
bisa menyenangkan semua orang.
=========================================================
For questions 43 to 45, complete the text with appropriate
words.
Over a river there was a very narrow bridge.
(43)… a goat was crossing this bridge. Just at the middle of the bridge he (44)…
another goat. There was no room for them to pass. (45) “…," said one goat to the other, "there is no room for both
of us".
"Why should
I go back?", said the other goat. "Why should not you go back?"
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi
teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan teks
narrative, siswa dapat mengisi rumpang dengan adverb yang sesuai.
Soal:
43. A. today
B. one
day
C. tomorrow
D. the
next day
Kunci jawaban : B Pembahasan :
Teks di atas berbentuk narrative, dan sesuai cerita
keterangan waktu yang tepat adalah one
day.
=========================================================
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi
teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan teks narrative,
siswa dapat mengisi rumpang dengan verb yang sesuai.
Soal:
44. A. kept
B. let
C. met
D. said
Kunci jawaban : c Pembahasan :
Pilihan kata kerja yang paling tepat adalah met, di tengah jembatan kambing itu
bertemu dengan seekor kambing lain.
=========================================================
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi
teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan teks
narrative, siswa dapat mengisi rumpang dengan ekspresi yang sesuai.
Soal:
45. A. come here
B. come
in
C. go
ahead
D. go
back
Kunci jawaban : D Pembahasan :
Kata-kata kunci dari kalimat tersebut adalah no room for both of us, jadi
ekspresi yang tepat
adalah go back.
=========================================================
For questions 46 to 48, complete the text with appropriate
words.
First,
melt the butter in the (46)… over medium heat. Then, crack open the eggs into
the pan and (47)… fry until the yolks begin to harden at the edges (indicated
by a lightening in the yolk color). Using the spatula, flip the eggs
(48)…
and allow cooking ten seconds for over-easy, or up to one minute for over-hard.
Finally, add salt and pepper to taste, and serve.
Indikator
|
: Menentukan kata yang
tepat untuk melengkapi teks rumpang.
|
Indikator soal
Soal:
46. A. kettle
B.
pan
C.
stove
D.
spatula
|
: Disajikan teks procedure, siswa dapat
mengisi rumpang dengan kata benda yang sesuai.
|
Kunci
jawaban : B Pembahasan :
|
Sebelum menggoreng kita melelehkan mentega di dalam wajan.
=========================================================
Indikator
|
: Menentukan kata yang
tepat untuk melengkapi teks rumpang.
|
Indikator soal
Soal:
47. A. let
B.
make
C.
start
D.
stop to
|
: Disajikan teks procedure, siswa dapat
mengisi rumpang dengan kata kerja yang sesuai.
|
Kunci
jawaban : A Pembahasan :
|
Kalimat dalam teks procedure berupa petunjuk atau instruksi
jadi berbentuk imperative. Kata kerja yang sesuai adalah let.
=========================================================
Indikator
: Menentukan kata yang tepat untuk
melengkapi teks rumpang. Indikator soal
: Disajikan teks procedure, siswa
dapat mengisi rumpang dengan adverb of manner yang sesuai.
Soal:
48. A. carelessly B. reluctantly
C. carefully
D. immediately
Kunci jawaban : B Pembahasan :
Adverb of manner yang paling tepat untuk digunakan dalam
proses memasak telur tersebut adalah carefully.
=========================================================
Indikator : Menentukan susunan kata
yang tepat untuk membuat kalimat sederhana yang bermakna.
Indikator soal : Diberikan 7 berbagai
jenis kata, siswa dapat menyusun kalimat sederhana yang bermakna
Soal:
49. Arrange
these words into a good sentence.
the -yesterday - attractive
- was - my
- life - most
- school – day
- of
1
2 3 4
5 6 7 8 910
The best arrangement of the words is….
A. 2
– 4 – 5 –8 – 6 - 10 – 1 – 3 – 7 – 9
B. 2
– 4 – 1 – 7 – 3 – 9 – 10 – 5 – 8 – 6
C. 5
– 6 – 4 – 1 – 7 – 3 – 8 – 9 – 10 - 2
D. 5
– 8 – 6 – 2 – 4 – 1 – 7 – 3 – 10 – 9
Kunci jawaban : B
Pembahasan :
Susunan kata yang paling tepat adalah “Yesterday was the most attractive day of my
school life”.
=========================================================
Indikator : Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat
paragraf deskriptif yang padu dan bermakna
Indikator soal : Diberikan 8 berbagai
kalimat, siswa dapat menyusun kalimatkalimat tersebut menjadi paragraph
deskriptif yang bermakna
Soal:
50. Arrange
the following sentences into a good paragraph.
1
It is at 69 Sultan Agung
Street.
2
I put the computer on my
table.
3
I love my office because it
is very comfortable.
4
This is my office.
5
There is also a cupboard
near my table.
6
In my office there is a set
of personal computer.
7
I keep some books in the
cupboard.
The best arrangement of the sentences is….
A. 3
– 6 – 2 – 4 – 1 – 5 – 7
B. 3
- 4 -
1 – 5 – 7 – 6 – 2
C. 4
– 3 – 1 – 6 – 2 – 7 – 5
D. 4
– 1 – 6 – 2 – 5 – 7 –3
Kunci jawaban : d Pembahasan :
Susunan teks descriptive dimulai dari identifikasi, yang
tertulis dalam kalimat ke empat.Setelah itu diikuti dengan description.
Soal UN Bahasa Indonesia Tahun
Pelajaran 2013-2014
(1)Peran seni teater termasuk penting karena dapat membantu karakter bangsa
Indonesia yang selama ini dikenal penuh toleransi dan menghormati pluralisme.
(2)Melalui latihan teater, orang diajarkan untuk mengenal karakter orang lain,
memahami orang lain dari tokoh-tokoh yang ditampilkan. (3)Hal ini juga
disampaikan oleh Jose Rizal Manua, seniman teater, sekaligus pendiri teater
anak-anak bernama Teater Tanah Air, Sabtu (4/6) di Jakarta. (4)Pemahaman terhadap
orang lain ini terbentuk karena dalam teater seseorang diajarkan untuk mengenal
tidak hanya fsikologi manusia, tetapi juga latar belakang sosial seseorang.
(5)Karakter seseorang juga dapat terbentuk dari latar belakang
budaya seseorang.
1.
Ide pokok paragraf tersebut adalah….
A. manfaat peran seni teater
B. pengajaran dalam teater
C. pengenalan karakter orang
D. runtuhnya karakter bangsa
E. terbentuknya karakter seseorang
Kalimat
utama paragraf di atas adalah kalimat (1) Peran seni teater termasuk penting karena
dapat membantu karakter bangsa Indonesia yang selama ini dikenal penuh
toleransi dan menghormati pluralisme. Pilihan yang sesuai dengan kalimat pertama
adalah pilihan yang A. manfaat peran seni teater. Manfaat peran seni teater adalah dapat
membantu karakter bangsa Indonesia.
Jawaban : A
2.
Kalimat yang merupakan fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Kalimat
yang merupakan fakta adalah kalimat nomor (3) Hal ini juga disampaikan oleh Jose Rizal Manua,
seniman teater, sekaligus pendiri teater anak-anak bernama Teater Tanah Air,
Sabtu (4/6) di Jakarta. Kalimat ini adalah satu-satunya kalimat yang merupakan fakta
dalam paragraf di atas. Kalimat nomor (3) ini mengandung ciri-ciri fakta: nama
tempat, orang yang berbuat, hari dan tanggal (waktu), yang merupakan data yang
tak bisa dibantah adanya.
Jawaban : C
3.
Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Kalimat
yang mengandung kata tidak baku adalah kalimat nomor (4) Pemahaman terhadap orang lain ini terbentuk
karena dalam teater seseorang diajarkan untuk mengenal tidak hanya fsikologi
manusia, tetapi juga latar belakang sosial seseorang. Kata tidak baku dalam kalimat tersebut
adalah fsikologi. Kata bakunya adalah psikologi, artinya ilmu tentang gejala
kejiwaan manusia. Kata fsikologi tidak ditemukan dalam KBBI, artinya kata itu
tidak ada dalam bahasa Indonesia.
Jawaban : D
(1)Radikal bebas, beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radiasi
dapat menyebabkan kerusakan pada DNA. (2)Padahal, DNA adalah bagian
penting dari sel tubuh karena berfungsi mengatur kinerja sel sehingga dapat
berfungsi dengan normal. (3) Jika DNA suatu sel rusak, sel tersebut dapat terus
tumbuh dan besar kemungkinan sel tersebut akan mengarah pada sel kanker
suatu hari nanti. (4)Namun, beberapa bahan fitokimia (bahan-bahan kimia
yang diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan) mampu menghambat proses perusakan
DNA. (5)Zat tersebut dapat menetralkan zat karsinogenetik atau mutagenik
serta dapat menyebabkan pengeluaran zat karsinogenetik itu dari dalam tubuh,
contohnya isohiocynates yang terdapat di dalam sayuran dapat mengurangi
kerusakan yang diakibatkan oleh bahan karsinogen.
4.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Kalimat
utama adalah kalimat (1) Radikal bebas, beberapa jenis virus, bahan
kimia dalam makanan, dan radiasi dapat menyebabkan kerusakan pada DNA.
Kalimat
berikutnya menjelaskan kalimat nomor (1) ini.
Kalimat
(2) menjelaskan bahwa DNA penting (tidak boleh rusak) dan fungsinya.
Kalimat
(3) menjelaskan akibat dari rusaknya DNA suatu sel.
Kalimat
(4) dan (5) menjelaskan bahan yang dapat menghambat kerusakan DNA.
Jawab : A
5.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah….
A. DNA yang sangat penting bagi tubuh
dapat dirusak oleh beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan
radiasi, tetapi dapat dihambat dengan fitokimia.
B. Beberapa bahan fitokimia (bahan-bahan
kimia yang diproduksi oleh makhluk hidup) mampu menghambat proses perusakan
DNA.
C. Sel kanker disebabkan oleh radikal
bebas, beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radiasi.
D. DNA adalah bagian penting dari sel
tubuh karena berfungsi mengatur kinerja sel, tetapi dapat dirusak oleh
zat karsinogenetik atau mutagenik.
E. Isothiocyanates yang terdapat dalam
sayuran dapat meningkatkan radikal bebas dan bahan kimia dalam makanan yang
dikonsumsi sehari-hari.
Jawaban : A
Hanya pilihan yang sesuai dengan teks bacaan.
No.
|
Kurs
Valas
|
Kurs
Valas bulan Juni 2011
|
|
28
Juni
|
30
Juni
|
||
1.
|
GBP
|
13.700
|
13.800
|
2.
|
EUR
|
12.300
|
12.400
|
3.
|
AUD
|
9.000
|
9.200
|
4.
|
JPY
(100)
|
10.700
|
10.600
|
6.
Pernyataan yang sesuai dengan tabel di atas adalah….
A. Pada tanggal 28 dan 30
tiap-tiap kurs valas mengalami kenaikan.
B. Kenaikan kurs valas tertinggi pada
kurs valas nomor 3 dan 4.
C. Kurs valas pada nomor 4 tidak
mengalami kenaikan.
D. Kenaikan kurs valas pada nomor 1, 2,
dan 3 besarnya sama.
E. Besarnya kenaikan kurs valas pada
nomor 1 dan 2 tidak sama.
Jawaban
: C
7.
Simpulan yang tepat berdasarkan tabel tersebut adalah ….
A. Kenaikan tiap kurs valas sebanding satu
dengan lainnya.
B. Kenaikan kurs valas 1 sama dengan
kurs valas 4.
C. Kenaikan rendah terjadi pada kurs valas
nomor 3.
D. Kurs valas mengalami kenaikan setiap hari.
E. Kenaikan kurs valas tanggal 28 ke tanggal
30 Juni relatif stabil.
Jawaban : E
Setelah pagi-pagi hari, maka berkatalah Si Miskin kepada isterinya, “Ya
Tuanku, matilah rasaku ini, sangatlah sakit rasanya tubuhku ini. Maka tiadalah
berdaya lagi; hancurlah rasanya anggotaku ini.” Maka ia pun tersedu-sedulah
menangis, maka terlalu belas rasa hati isterinya, melihat laku suaminya
demikian itu; maka ia pun menangis pula seraya mengambil daun kayu, lalu
dimamahnya, maka disapukannyalah seluruh tubuh suaminya, sambil berkata,
“Diamlah Tuan, jangan menangis! Sudahlah dengan untung kita, maka jadilah
selaku ini!” Adapun Si Miskin itu, asalnya daripada raja
keinderaan. Maka, kena sumpah Batara Indera, maka jadilah ia demikian itu.
Maka, adalah suaminya itu pun segarlah sedikit tubuhnya. Setelah itu, maka
suaminya pun masuk ke dalam hutan mencari umbut muda, yang patut dimakannya;
maka dibawanyalah kepada isterinya. Maka demikianlah laki bini itu.
8.
Karakteristik yang menggambarkan bahwa naskah tersebut karya sastra
Melayu Klasik adalah….
A. Struktur kalimat dan kesaktian tokoh.
B. Istana sentris dan perilaku tokoh.
C. Struktur kalimat dan kesengsaraan tokoh.
D. Penggunaan kata maka dan istana sentris
E. Kesaksian tokoh dan kemustahilan.
Jawaban : D
Ciri-ciri
sastra Melayu Klasik yaitu: istana sentris, bahasa klise seperti maka, hatta,
dll., susah dimengerti kalimatnya (struktur kalimat), anonim, mengandung hal
yang ajaib/mustahil.
9. Isi cerita yang diungkapkan dalam kutipan
tersebut adalah….
A. Si Miskin dan istrinya lari masuk hutan
mencari umbut muda.
B. Kehancuran hidup Si Miskin dan istrinya di
dalam hutan.
C. Kehidupan Si Miskin dan istrinya selama
jadi pengemis.
D. Kesetiaan istri Si Miskin dan kerelaan
menerima nasib.
E. Si Miskin yang hidup terlunta-lunta karena
sumpah Batara Indera.
Jawaban
: D
Istri
Si Miskin setia mendampingi suaminya dalam kesusahan dan rela menerima
nasibnya. Kerelaan ini tampak dari ucapannya,”… Sudahlah dengan untung kita….”
10. Raja
Syahsian dan perdana menteri sangat bergembira. Setelah memakan obat yang
dibawa Indraputera, yaitu sekuntum bungan tunjung, permaisuri hamillah dan
melahirkan seorang anak yang elok parasnya yang dinamakan Tuan Puteri Indra
Seri Bulan. Pada suatu ketika, Indraputera dituduh berbuat jahat dengan
dayang-dayang istana dan akhirnya Indraputera dibuang di sebuah negeri yang
kotanya terbuat dari batu hitam. Raja negeri ini sangat memuliakan Indraputera
dan memberikan hadiah sehelai kain yang dapat menyembuhkan segala macam
penyakit kepada Indraputera.
Nilai
moral yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah….
A. Tuduhan terhadap Inderaputra berbuat jahat.
B. Kegembiraan Raja Syahsian dan perdana
menterinya.
C. Sikap pemimpin memuliakan orang lain dan
memberi hadiah.
D. Sikap inderaputra terhadap tuduhan yang
menimpa dirinya.
E. Sikap Inderaputra setelah dapat menyembuhkan
berbagai penyakit.
Jawaban
: C
Ini
sesuai dengan kalimat Raja negeri ini sangat memuliakan Indraputera
dan memberikan hadiah sehelai kain yang dapat menyembuhkan segala macam
penyakit kepada Indraputera.
11. Mereka
terkejut melihat harimau sangat lincah melepaskan Pak Balam dari cengkeramannya.
Harimau itu menghilang ke dalam hutan yang sangat gelap di tengah malam itu.
Dengan cepat mereka berlari dan menuju ke tempat Pak Balam terbaring. Dalam
cahaya samar-samar dari potongan kayu yang menyala, mereka melihat betapa kaki
kiri Pak Balam lukanya bengkak sekali, betisnya kena gigitan harimau, daging dan otot
betis koyak hingga kelihatan tulangnya yang putih, dan darah mengalir berwarna merah.
Frasa
adjektiva yang tepat memperbaiki frasa yang bercetak miring dalam paragraf
tersebut adalah….
A. sangat besar, besar benar, teramat banyak
B. sangat besar, amat parah, amat banyak
C. cukup besar, sakit sekali, bagaikan air
D. agak besar, dalam sekali, tak tertahankan
E. tinggi besar, paling lebar, seperti air
Jawaban
: B
12. Cermatilah paragraf berikut!
Jasa-jasa ekologi yang terdapat di Kawasan Ekosistem Leuser mencakup penyediaan
air bersih, pengendalian erosi sehingga banjir, pengaturan iklim lokal, penyerapan
karbon, perikanan air tawar, bahwa keindahan alam pendukung industri pariwisata.
Jasa-jasa ini hanya dapat tersedia maupun Kawasan Ekosistem Leuser dijaga dan dipelihara
fungsinya sebagai suatu kesatuan yang utuh.
Kata
penghubung yang tepat untuk memperbaiki kata penghubung yang bercetak
miring pada paragaraf tersebut adalah ….
A. atau, tetapi, sebab
B. yaitu, bahkan, bahwa
C. serta, yakni, dan
D. dan, serta, jika
E. karena, misalnya, apabila
Jawaban
: D
13. Cermatilah kalimat-kalimat berikut dengan
saksama!
Topik
: Cinta Tanah Air
(1) Bila kita mencintai tanah air, hendaklah
dimulai dari diri sendiri, yaitu dengan mendisiplinkan diri untuk hal-hal yang
baik.
(2) Pemerintah harus memberantas korupsi yang
merajalela tanpa pandang bulu dan tidak menunda-nunda penyelesaian kasusnya.
(3) Meningkatkan kedisiplinan dengan menghargai
waktu, menjaga kebersihan lingkungan, dan menaati peraturan yang sudah
disepakati.
(4) Jangan ada perang dingin antarrakyat Indonesia
karena hal sepele menjadi perselisihan nyata.
(5) Jangan kita berteriak-teriak saja, tetapi
buktikan dengan tindakan nyata untuk membangun negara Indonesia.
Kalimat
persuasif yang sesuai dengan topik tersebut adalah nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (5)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)
Jawaban
: B
14. Cermatilah paragraf berikut!
Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, merupakan
jurang yang besar dengan diameter mencapai 400 meter. Di Harau ini banyak
keindahan yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi dengan bentuknya
yang unik mengelilingi lembah. …. Dari mulai memasuki Lembah Harau, pengunjung
sudah menikmati tebing-tebing granit ini.
Kalimat
deskripsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf
tersebut adalah ….
A. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai
ketinggian 80—300 meter.
B. Sebagian pemanjat tebing dunia telah
mengunjungi tempat ini untuk dipanjatnya.
C. Banyak orang membandingkan Lembah Harau yang
indah dengan ”Grand Canyon”.
D. Pengunjung menikmati keindahan alamnya dalam
udara yang sangat segar dan bersih.
E. Tebing granit di Lembah Harau telah lama
menjadi daya tarik wisata Provinsi Sumatera Barat.
Jawaban
: A
Kalimat
deskripsi adalah kalimat yang menggambarkan sesuatu dengan detail/rinci.
Yang paling rinci dan tepat adalah kalimat pilihan A.
15. Cermatilah pantun berikut!
Kain batik berbahan katun
Lama dijemur di dekat pantai
Mari menjaga sopan santun
…
Larik
yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
A. Hidup jangan terlalu santai
B. Agar hidup tentram dan damai
C. Sambil bernyanyi ramai-ramai
D. Perilaku lemah gemulai
E. Terutama kebersihan pantai
16. Cermatilah puisi berikut!
Laut
Di bibir pantai ini
Aku bersimpuh menatapmu
Biru laut-Mu
Decak kagumku atas ciptaan-Mu
Aku enggan melangkah
Pesona keindahanmu
Menahanku …
Tuk tetap bersamamu
(Ratna Ningrum)
Diksi
yang tepat untuk melengkapi larik puisi tersebut adalah ….
A. beranjak
B. bergelombang
C. bergemuruh
D. berdebur
E. bergulung
17. Cermati paragraf narasi berikut!
Ombak bergulung lembut sore itu benar-benar menunjukkan pesona. Perahu dengan
layar warna-warni menghias diaroma nyata alam terbuka. Kilau rona kemuning bias
sinar matahari sore. Sementara itu, wajah kecut wanita muda berpaling bahwa
pesona keindahan alam tak mau berpihak pada kisah asmaranya. Pemuda yang telah
melukis kisah indah di hatinya ternyata tega berkhianat. Kesuciannya dirampas
karena janji-janji kosong. Dia merenung ternyata keimanannya dikalahkan hanya
dengan pujian memabukkan …. Rasanya tinggal kekecewaan yang sedang dilempar ke
ufuk biar tenggelam, tapi mana mungkin?
Ungkapan
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. membuka hati
B. kebahagiaan semu
C. mulut manisnya
D. mulut berbisa
E. kelembutan hati
18. Banyak
iklan yang menawarkan jasa untuk menurunkan berat badan. Ada yang melalui tusuk
jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau. Jenis diet pun
bermacam-macam. Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi daging. Ada
diet buah-buahan membatasi makan nasi dan makanan berkabohidrat tinggi. Beragam
kiat dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. ….
Simpulan
yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A. Kita tidak akan mengalami kesulitan untuk
menurunkan berat badan dan merawat kecantikan.
B. Kaum wanita berlomba-lomba melakukan diet
dengan berbagai cara agar terlihat cantik.
C. Biaya yang diperlukan untuk menurunkan berat
badan tidaklah mahal bila dilakkan dengan berolahraga.
D. Para remaja di kota-kota besar sering
mengalami kesulitan untuk melakukan diet di salon/dokter.
E. Banyaknya iklan penawaran diet
membingungkan konsumen untuk memilih cata yang efektif.
Cermati
tajuk berikut untuk menjawab soal no. 19 dan 20!
Apakah janji semasa pemilihan presiden hanya berfungsi sebagai penarik simpati?
Ataukah janji itu merupakan cita-cita yang muncul dari lubuk hati? Bagaimana
kita harus menempatkan janji pemimpin? Yang bijak tentu menilai kinerja
pemimpin secara adil. Waktu setahun belum cukup menampilkan hasil yang
nyata, lebih-lebih satu prestasi. Apalagi kalau mengingat kondisi yang diwarisi
sangat parah. Profesionalisme jelas merupakan modal utama untuk membuat
pemerintah berjalan dengan baik. Pekerja profesional membuat tugas dapat
dengan mudah terlaksana. Pemerintah kita rupanya tidak cukup terampil untuk
mengikuti kiprah kemajuan yang diperlihatkan Cina dan negara-negara Asia
lain yang sudah lebih maju.
19. Opini penulis dalam tajuk tersebut adalah ….
A. Janji-janji pada waktu pemilihan hanya
merupakan penarik simpati masyarakat.
B. Kita hendaknya menagih janji pemimpin jika
sudah terpilih dalam pemilihan.
C. Hasil yang nyata dari sebuah pemerintahan
dapat terlihat dari kinerjanya selama setahun.
D. Pemerintah belum mampu mengikuti kiprah
kemajuan Cina dan negara-negara Asia lainnya.
E. Profesionalisme pemerintah tidak mampu
menampilkan hasil yang nyata bagi masyarakat.
20. Permasalahan opini ditujukan kepada ….
A. pemerintah
B. rakyat
C. Cina
D. negara Asia
E. generasi muda
Cermati
kutipan novel berikut untuk soal nomor 21 dan 22!
Sebelum subuh mereka telah bangun. Siti Rubiyah ikut bangun pagi dan memasak
kopi dan makanan pagi untuk mereka. Buyung merasa agak berat dalam
hatinya berangkat. Dia teringat Siti Rbiyah yang ditinggalkan sendiri
dengan Wak Hitam yang masih sakit. Kemarin malam panasnya naik lagi hingga dia
mengerang-ngerang sepanjang malam dan sepanjang malam terdengar dia tak tidur.
Dan tiap sebentar terdengar gerak Siti Rubiyah di dalam kamar mengambil air
minum untuknya.
21. Watak Buyung seorang yang perhatian dan peduli
kepada orang lain dideskripsikan pengarang dalam kutipan tersebut dengan ….
A. pikiran-pikiran tokoh
B. dialog antartokoh
C. tanggapan tokoh lain
D. secara langsung
E. lingkungan di sekitar tokoh
22. Amanat yang sesuai dengan kutipan tersebut
adalah ….
A. Tidak baik berputus asa menghadapi penderitaan
hidup.
B. Janganlah teralu menghitung-hitung jasa yang
dilakukan.
C. Sabar menghadapi cobaan yang menimpa diri.
D. Pedulilah terhadap kondisi dan penderitaan
orang lain.
E. Janganlah mencurigai orang lain secara
berlebihan.
Wilibrordus Surendra Broto Rendra (lahir di Solo, 7 November 1935) adalah
penyair ternama yang kerap dijuluki sebagai “Burung Merak”. Ia mendirikan
Bengkel Teater di Yogyakarta padan tahun 1967 dan juga Bengkel Teater Rendra di
Depok. Semenjak masa kuliah beliau sudah aktif menulis cerpen dan esai di
berbagai majalah.
Bakat sastra Rendra sudah mulai terlihat ketika duduk di bangku SMP. Saat itu
ia sudah mulai menunjukkan kemampuannya dengan menulis puisi, cerita pendek,
dan drama untuk berbagai kegiatan sekolahnya. Bukan hanya menulis, ia juga
piawai di atas panggung. Ia mementaskan beberapa dramanya dan terutama tampil
sebagai pembaca puisi yang sangat berbakat.
”Kaki Palsu” adalah drama pertamanya, dipentaskan ketika ia di SMP, dan
”Orang-Orang di Tikungan Jalan” adalah drama pertamanya yang mendapat
penghargaan dan hadian pertama dari Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan, Yogyakarta. Pada saat itu ia sudah duduk di SMA. Penghargaan itu
membuatnya sangat bergairah untuk berkarya.
Karya-karya Rendra tidak hanya terkenal di dalam negeri, tetapi juga di luar
negeri. Banyak karyanya yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa asing, di
antaranya bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Jepang, dan India.
23. Hal yang dapat menjadi teladan serta menarik
dari tokoh Rendra adalah ….
A. Menjadi penyair terkenal yang mendapat julukan
”Si Burung Merak”.
B. Sejak SMP sudah menunjukkan kemapuan menulis
puisi, cerpen, dan drama.
C. Karya-karyanya banyak diterjemahkan ke
berbagai bahasa asing.
D. Mendapat penghargaan dan hadiah dari
pemerintah atas hasil karyanya.
E. Bergairah untuk berkarya karena sudah banyak
mendapat penghargaan.
24. Mengapa Rendra menjadi sangat bergairah untuk
berkarya?
A. Karena ia penyair yang mendapat julukan ”Si
Burung Merak”.
B. Karena menyadari dirinya mempunyai kemampuan
bersastra.
C. Karena ia adalah seorang pembaca puisi yang
sangat berbakat.
D. Karena karyanya banyak diterjemahkan ke dalam
bahasa asing.
E. Karena sejak duduk di SMA karyanya sudah
mendapat penghargaan.
25. Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
Ibarat pohon, benakku saat ini adalah sebuah pohon pengetahuan yang besar,
kokoh, … rimbun hijau. Di cabangnya bergantung buah pikiranku yang matang dan
siap dipetik. Sebuah panen raya dengan mengadakan … dan … rakyat, hidangan di
meja panjang, begitulah aku membayangkan saat duduk di meja kerja dan
menyalakan komputer.
Kata
ulang yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada paragraf tersebut
adalah ….
A. daun-daun, lagu-laguan, tari-tarian
B. daun-daun, lagu-lagu, tari-tarian
C. dedaunan, melagu-lagu, tari-tarian
D. daun-daunan, berlagu-lagu, tari-tarian
E. daun-daunan, dilagu-lagukan, tari-tarian
26. Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah
….
A. Peran pemuda dalam menerima kepemimpinan
bangsa
B. Sikap Generasi Muda dalam Memperkokoh N.K.R.I.
C. Kesiapan Anak Bangsa dalam Estaafet
Kepemimpinan
D. Penjagaan Anak Bangsa Dalam Memperkokoh NKRI
E. Peran Pemuda di era Globalisasi
27. Cermati topik karya tulis berikut!
Topik
: Perbaikan mental remaja
Kalimat
latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah ….
A. Remaja banyak sekali memerlukan perhatian
orang di sekitarnya.
B. Banyak orang tua yang tidak memahami tabiat
anak remaja.
C. Remaja adalah kelompok anak-anak yang beranjak
ke usia pancaroba.
D. Dewasa ini banyak remaja rusak mentalnya
disebabkan berbagai faktor.
E. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk
memperbaiki mental remaja.
28. Cermati topik berikut!
Topik
: Pelestarian tanaman obat dalam masyarakat
Kalimat
rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ….
A. Apa yang dapat dilakukan untuk melestarikan
tanaman obat dalam masyarakat?
B. Siapa yang terlibat untuk melestarikan tanaman
obat dalam masyarakat?
C. Mengapa perlu mengenal berbagai jenis tanaman
obat dalam masyarakat?
D. Upaya apa sajakah untuk menyadarkan masyarakat
dalam pelestarian?
E. Sejauh manakah kepedulian masyarakat terhadap
tanaman obat?
29. Cerita
pendek Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari sekaligus menjadi judul kumpulan cerpen.
Tokohnya adalah Karyamin, seorang tukang batu. Karyamin selalu tersenyum dalam
situasi apa pun. Dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari
dikisahkan tokoh Srintil dan Rasus dari warga desa yang masih kuat memegang
tradisi setempat.
Kalimat
resensi yang menyatakan keunggulan berdasarkan ilustrasi tersebut adalah
….
A. Ahmad Tohari sangat jeli dalam mengangkat
kehidupan masyarakat kecil menjadi cerita menarik.
B. Ahmad Tohari memahami dengan baik adat dan
tradisi masyarakat desa yang diceritakannya.
C. Ahmad Tohari banyak mengangkat kisah-kisah
kehidupan menjadi sebuah cerpen.
D. Ahmad Tohari merupakan pengarang cerpen dan
novel yang khusus mengangkat masyarakat kecil.
E. Ahmad Tohari selalu mengangkat kehidupan
masyarakat desa kelahirannya.
30. Perhatikan dialog berikut!
Bapak
: ”Siapa yang datang, Bu?” (setelah temannya pergi)
Ibu
: ”Teman kerja ibu, tadi ada pembagian honor.”
Bapak
: ”Tadi kan sudah ketemu di kantor?”
Ibu
: ”Minta penjelasan tentang pembagian honor.”
Bapak
: ”Kok ke Ibu, Ibu kan bukan bendahara?”
Ibu
: ”Dia kan selalu tidak terima dengan pembagian yang ada. Padahal, nggak ikut
kerja.”
Bapak
: ”….”
Ibu
: ”Ya begitulah, ia selalu menilai pekerjaan dengan uang.”
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dialog tersebut adalah ….
A. Dia selalu gelap mata dalam bertindak.
B. Semua mengenal dia sebagai pekerja yang ulet.
C. Ia termasuk karyawan yang sangat
berpengalaman.
D. Wow, dia memang mata duitan.
E. Pekerjaan dia memang terlalu banyak.
31. Perhatikan penggalan paragraf berikut
dengan saksama!
(1)Amat wajar jika masyarakat mendambakan agar polisi memiliki kesaktian luar
biasa, tetapi diakui juga memiliki kelemahan yang dinilai manusiawi. (2)Selain
tegas dalam menegakkan hukum juga bisa bersinergi dengan masyarakat dalam
mencegah kejahatan. (3)Terlebih garis marka antara polisi dan masyarakat dalam
mencegah kejahatan sangat tipis. (4)Polisi dan masyarakat adalah dua komunitas
yang tidak mungkin dipisahkan karena polisi lahir dari masyarakat dan untuk
masyarakat. (5) Institusi kepolisian sendiri sangatlah penting artinya bagi
sebuah negara sebagai bagian dalam menata masyarakatnya.
Kalimat
yang menggunakan istilah tidak tepat pada paragraf tersebut adalah kalimat
nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
32. Cermatilah kutipan paragraf berikut!
Selain berfungsi sebagai tanaman hias, lidah buaya juga memiliki berbagai
manfaat yang berguna, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Sudah
berabad-abad lamanya lidah buaya digunakan sebagai bahan untuk merawat kecantikan
para putri raja. Sedangkan sebagai obat, bermanfaat untuk memperlambat
tumbuhnya virus HIV, memperbaiki sistem pencernaan, membunuh kumah, dan
menghilangkan rasa sakit.
Tujuan
penulis artikel ini untuk memberitahukan kepada pembaca bahwa ….
A. Tanaman hias lidah buaya sangat bermanfaat
bagi penanamnya.
B. Orang dapat mengandalkan lidah buaya untuk
penyembuhan penyakit.
C. Tanaman hias lidah buaya bermanfaat untuk
mengobati berbagai penyakit.
D. Lebih baik menanam lidah buaya karena dapat
dipergunakan sebagai obat.
E. Tanaman hias yang paling berkhasiat adalah
tanaman lidah buaya.
Kendala utama tidak berjalannya pendaftaran penduduk ini terletak pada
ketidakseriusan pemerintah dalam melaksanakannya, termasuk pemerintah daerah.
Ada kesan bahwa pendaftaran penduduk hanya dianggap sebagai aktivitas
administratif belaka. Apabila ditelaah pendaftaran penduduk memiliki dimensi
yang sangat luas, baik bagi pemerintahan maupun bagi individu penduduk.
Pemerintah harus berupaya bangkit dari stagnasi terkait proses pendaftaran
penduduk.
33. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf
tersebut ialah….
A. Bagaimana proses pelaksanaan pendaftaran
penduduk?
B. Apa kendala utama tidak berjalannya proses
pendaftaran penduduk?
C. Mengapa pendaftaran penduduk tidak dianggap
penting?
D. Apa saja manfaat dilaksanakannya pendaftaran
penduduk?
E. Di mana ketidakseriusan pemerintah pusat dalam
pendaftaran?
34. Arti istilah stagnasi dalam teks tersebut
adalah ….
A. keadaan terhenti
B. tersendat-sendat
C. kondisi mundur
D. keadaan terpuruk
E. terseok-seok
Cermati
puisi berikut untuk menjawab soal nomor 35, 36, dan 37!
Api Suci
Selama
nafas masih mengalun
Selama
jantung masih memukul
Wahai
api bakarlah jiwaku
Biar
mengaduh, biar mengeluh
Seperti wajah merah membara
Dalam bakaran api nyala
Bias jiwaku habis terlebur
Dalam kobaran nyala raya
Sesak menyesak di kalbu
Gelisah liar mata memandang
Di mana duduk rasa dihujan
Demikian rahmat tumpahkan selalu
Nikmat rasa api mengapus
Nyanyian semata bunyi jeritku
(Sutan Takdir Alisyahbana)
35. Makna lambang ”api” dalam puisi tersebut
adalah ….
A. kehebatan seseorang
B. semangat juang
C. keteguhan hati
D. angan-angan diri
E. sangat marah
36. Maksud isi puisi tersebut adalah ….
A. Kehebatan seseorang melawan penderitaan hidup.
B. Perjuangan seseorang yang tidak pernah
berakhir.
C. Membangkitkan semangat hidup seseorang.
D. Ketakutan seseorang akan kehilangan tanah
airnya.
E. Kesetiakawanan yang dimiliki seseorang.
37. Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut
adalah ….
A. mencekam
B. haru
C. marah
D. bersemangat
E. gembira
38. Cermatilah gurindam berikut!
Dengan
ibu hendaklah hormat
Supaya
badan dapat selamat
Maksud
isi gurindam tersebut adalah ….
A. Hormatilah ibumu agar kamu tidak mendapat
celaka di jalan.
B. Hormatilah kaum ibu agar mereka mendoakan
keselamatan bagi kita.
C. Patuhilah semua nasihat ibu agar diri kita
terhindar dari bencana.
D. Berilah hormat pada setiap ibu agar ia
memberimu selamat.
E. Patuh dan berbaktilah pada ibu agar selamat
dunia dan akhirat.
Cermatilah
paragraf berikut dan jawablah soal no. 39 dan 40!
(1)Kondisi kendaraan yang tidak layak sering menyebabkan kecelakaan lalu lintas
jalan raya. (2) Keadaan ban yang sudah menipis dapat menyebabkan ban pecah pada
saat kendaraannya melaju. (3)Ada kendaraan yang tidak berfungsi sebagaimana
seharusnya karena kanvas rem sudah tipis. (4)Ada pula rem kendaraan blong
karena minyak rem bocor. (5) Kelelahan logam atau disebut dengan istilah aus
juga menyebabkan bagian kendaraan patah.
39. Isi informasi dalam paragraf tersebut adalah
….
A. Kurangnya kontrol keadaan kendaraan oleh
pemilik kendaraan.
B. Kondisi kendaraan penyebab kecelakaan lalu
lintas di jalan raya.
C. Kondisi buruk pengguna jalan raya penyebab
kecelakaan.
D. Hal buruk yang tidak bisa dihindari oleh
pengguna jalan raya.
E. Pengendara yang sering melanggar tata tertib
berlalu lintas.
40. Kalimat yang strukturnya rancu dalam paragraf
tersebut terdapat pada nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
41. Cermatilah kalimat penutup surat berikut!
Demikianlah
surat lamaran ini saya sampaikan kepada Bapak. Atas perhatiannya saya
mengucapkan terima kasih.
Perbaikan
kalimat penutup surat lamaran pekerjaan (yang dicetak miring) adalah ….
A. Atas perhatian Bapak, Saya ucapkan terima
kasih.
B. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima
kasih.
C. Atas perhatian Bapak, diucapkan terima kasih.
D. Atas perhatian Bapak, diucapkan terima kasih.
E. Atas perhatian Bapak saya mengucapkan terima
kasih.
42. Cermatilah kutipan surat undangan berikut!
Sehubungan
dengan perayaan ulang tahun SMA Bakti Negara, kami mengundang perwakilan OSIS
SMA Sayang Bangsa. Acara akan diadakan pada,
….
Penulisan
pemerian pelaksanaan acara untuk melengkapi kutipan surat tersebut adalah ….
A. hari,
tanggal
: Sabtu, 7 April 2012
waktu
: pukul 08.00—13.00 WIB
tempat
: aula SMA Bakti Negara
acara
: pentas seni siswa
B. Hari,
tanggal
: Sabtu, 7 April 2012
Waktu
: Pukul 08.00—13.00 WIB
Tempat
: Aula SMA Bakti Negara
Acara
: Pentas Seni Siswa
C. Hari,
Tanggal
: Sabtu, 7 April 2012
Waktu
: Pukul 08.00—13.00 WIB
Tempat
: Aula SMA Bakti Negara
Acara
: PENTAS SENI SISWA
D. hari,
tanggal
: Sabtu, 7 April 2012
waktu
: pukul 08.00—13.00 WIB
Tempat
: AULA SMA BAKTI NEGARA
acara
: pentas seni Siswa
E. HARI,
TANGGAL
: SABTU, 7 APRIL 2012
WAKTU
: PUKUL 08.00—13.00 WIB
TEMPAT
: AULA SMA BAKTI NEGARA
ACARA
: PENTAS SENI SISWA
43. Cermatilah paragraf generalisasi berikut!
Di Kota A terdapat 35 Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada tahun lalu sebanyak 24
SMA dapat meluluskan siswanya 100%. Sementara itu, 7 SMA lainnya mampu
meluluskan siswa 99%, sedangkan sekolah lainnya di kota itu bisa meluluskan
97%. ….
Kalimat
simpulan paragraf tersebut adalah ….
A. Jadi, semua sekolah di Kota A merupakan
sekolah favorit.
B. Dengan demikian, sekolah di Kota A merayakan
kelulusan dengan gembira.
C. Kesimpulan bahwa proses pembelajaran di
sekolah berlangsung tertib dan disiplin.
D. Maka, semua sekolah di Kota A mendapatkan
penghargaan dari semua orang tua siswa.
E. Dapat dikatakan bahwa sekolah-sekolah di Kota
A mampu meluluskan siswanya dengan baik.
44. Cermati silogisme berikut!
Premis
umum : Siswa yang
baik selalu belajar dengan teratur.
Premis
khusus : Mely siswa yang
baik.
Simpulan
: ….
Kalimat
simpulan yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah ….
A. Karena itu, Mely naik kelas karena belajar
dengan teratur.
B. Mely adalah siswa yang selalu belajar.
C. Jadi, Mely selalu belajar dengan teratur.
D. Berarti cara belajar Mely sudah benar.
E. Mely siswa yang baik karena selalu belajar
dengan teratur.
45. Cermatilah paragraf berikut!
Bus … yang kami tumpangi melaju dengan tenang membawa kami menuju objek wisata.
Bus tersebut sudah biasa membawa penumpang …. Mesinnya pun halus bunyinya
karena mesinnya menggunakan … canggih.
Kata
baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. eksekutif, antarprovinsi, tekhnologi
B. eksekutif, antarprovinsi, teknologi
C. eksekutive, antar-provinsi, teknologi
D. eksekutif, antar-provinsi, technologi
E. eksekutip, antarpropinsi, tehnologi
46. Cermati teks berikut!
Hari itu Pak Budiman, pemilik dua tabungan, mendapat telepon dari Bank Nagari
yang mengabarkan dia memperoleh hadiah sepeda motor. Dia ragu, jangan-jangan
ini hanya penipuan. Namun, Arif anaknya mendesak untuk membuktikannya.
Pak Budiman beryukur karena sepeda motor itu bisa dipakai untuk ke sekolah oleh
Arif. Sebulan kemudian Bank BRI juga menarik undian Simpedes. Pak Budiman
menerima telepon yang mengabari bahwa dia menjadi pemenang utama. Kali
ini dia juga tetap berhati-hati menanggapinya karena banyak penipuan tentang
pemenang undian. Akan tetapi, anaknya Ikbal, bersemangat dan langsung menemui
panitia. Ternyata memang Pak Budimanlah pemenang hadiah mobil Avanza keluaran
terakhir itu. Nasib Pak Budiman …..
Peribahasa
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke
tepian.
B. Sekali ombak besar sekali tepian berubah.
C. Bagaikan mendapat durian runtuh.
D. Mati semut karena gula.
E. Bagai orang dahaga mendapat air.
47. Cermatilah paragraf berikut!
Pesatnya perkembangan iptek telah menggugah keingintahuan masyarakat terhadap
sains. Untuk itu, tidaklah mengherankan jika media massa terus … memenuhi
kebutuhan pembacanya akan sajian-sajian iptek. Dengan intensitas dan visi yang
berbda-beda, setiap media akan … tulisan-tulisan iptek sesuai dengan
selera pembacanya. Namun, dalam fungsinya sebagai media massa, tentulah
tulisan-tulisan tersebut … dengan bahasa dan gaya populer penulisan.
Kata
barimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ….
A. dicoba, mensajikan, mentampilkan
B. menyoba, menyaji, menampilkan
C. mencoba, menyajikan, menampilkan
D. mencoba, menyajikan, ditampilkan
E. mencobakan, disajikan, ditampilkan
48. Cermatilah cerpen berikut!
Biaya hidup sekarang jauh lebih banyak. Sekarang semua orang perlu membeli
bensin untuk sepeda motor dan mobil. …. Paling mereka bersepeda. Dan,
kita ke mana-mana jalan kaki, bukan? Sekarang mereka berlomba-lomba ingin
mendapatkan televisi berwarna dan membeli lemari es.
Kalimat
bermajas metonimia yang tepat untuk melengkapi cerpen tersebut adalah ….
A. Mereka banyak yang mengedarai sepeda motor.
B. Hanya beberapa orang yang berjalan kaki.
C. Besok mereka akan pergi ke luar kota.
D. Dulu di desa ini tidak ada yang memakai Honda.
E. Orang di desa jarang sekali pergi menggunakan
mobil.
49. Cermatilah paragraf esai berikut!
Berbicara tentak masalah saja, kita sering menjumpai kata-kata mentah, gagal
sebagai sebuah sajak, tidak berbobot. Penyebabnya ada dua kemungkinan. Mungkin
lantaran penulisnya belum mahir dalam teknik menulis sajak. Kemungkinan kedua
kurangnya penghayatan terhadap hidup. Tidak menaruh perhatian pada filsafat,
atau memang usianya belum memungkinkan untuk berkecimpung dalam dunia filsafat.
Realita yang terdapat dalam dirinya belum sanggup ia kaitkan dengan realita di
luar karena usianya masih muda remaja.
Kalimat
simpulan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut ialah ….
A. Banyak karya sastra berupa sajak, namun tidak
tergolong ke dalam sajak berkualitas.
B. Karya sastra yang berkualitas terlahir
dari sastrawan yang berpengalaman.
C. Penulis sajak yang berkualitas memerlukan
penghayatan.
D. Ilmu filsafat sangat menentukan kualitas karya
sastra yang dibuatnya.
E. Penulis sajak harus mahir dalam teknik menulis
sastra.
50. Cermatilah kutipan cerpen berikut!
Ketika
guru dan murid telah membiasakan belajar di alam terbuka, melihat ukang kebun
itu bekerja sendirian, semuanya mendekat.
”Jaring
itu untuk apa, Pak?”
”Unruk
menjaring malaikat.”
”Malaikat?”
”Benar.”
”Boleh
kami bantu, Pak?”
”Boleh.
Boleh tentu saja. Malah setelah ini, kalian akan saya ajak menunggui jaring
ini.”
”Kenapa
mesti ditunggu?”
”Sebentar
lagi Jibril akan gentayangan terperangkap jaring ini.”
Kalimat
kritik yang sesuai dengan isi kutipan adalah ….
A. Isi kutipan cerpen ini sulit dicerna karena
hanya mengungkapkan halusinasi yang menimbulkan keanehan dan kebingungan
pembacanya.
B. Cerita yang menarik dan membuat pembacanya
penasaran untuk mengikuti alur cerita yang disajikan penulis.
C. Cerpen Danarto telah berhasil menarik
perhatian pembaca terutama karena hasil ceritanya yang unik.
D. Penggunaan dialog yang pendek telah memudahkan
pembaca untuk memahami isi cerita.
E. Danarto telah sukses menjadi cerpenis yang
unik dengan cerita-cerita sangat menarik.
sumber:
http://bahasaindonesiayh.blogspot.com/2012/07/soal-un-bahasa-indonesia-tahun.html
SOAL
UN SMP BAHASA INGGRIS TAHUN 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar