All My Love Is For You – Girls Generation Lyrics annisa12: PREDIKSI SOAL UN SMP 2014 DAN PEMBAHASANNYA

Jumat, 02 Mei 2014

PREDIKSI SOAL UN SMP 2014 DAN PEMBAHASANNYA



 SOAL BAHASA INGGRIS

Choose the best answer.
Read the text to answer questions 1 and 2





Indikator : Menentukan gambaran umum teks fungsional pendek. 
Indikator soal       : Disajikan sebuah kartu ucapan, siswa dapat menentukan topik  teks itu.

Soal:
1.      What is the text about?
A.       Opening of a new shop
B.       Description of a new home
C.       Advertisement on a new restaurant
D.       Congratulation to someone on moving to a new house

Kunci jawaban : D Pembahasan           :
Teks tersebut merupakan ucapan selamat menempati rumah baru.
=========================================================  : Menentukan makna kata/frasa dalam teks fungsional pendek. Indikator soal : Disajikan kutipan kalimat dari teks dengan salah satu kata/frasa    digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna kata tersebut
dengan tepat.

Soal:
2.      “ a blessing upon your new dwelling” The underlined word has similar meaning with… A. family
B.       houes
C.       street
D.       room

Kunci jawaban : B Pembahasan            :
Kata dwelling berarti rumah atau tempat tinggal, jadi padanan kata yang sesuai adalah House.
=========================================================
Read the text to answer questions 3 to 5.



Indikator : Menentukan gambaran umum teks fungsional pendek
Indikator soal       : Diberikan teks pesan singkat, siswa dapat menentukan topik pesan singkat tersebut.

Soal:
3.      What is the message about?
A.       A sick grandma
B.       A delay of an activity
C.       A Working project
D.       A great plan

Kunci jawaban : B           
Pembahasan :
Isi pesan tersebut adalah penundaan suatu kegiatan karena penulis pesan berhalangan hadir.Pilihan yang tepat adalah b.
=========================================================          
: Menentukan informasi rinci teks fungsional pendek
      : Diberikan pesan singkat tertulis, siswa dapat menentukan  informasi rincinya.
Soal:
4.      Dinda can’t come to Mira’s house because… A. the project has not planned.
B.       she has to work in the hospital.
C.       her grandma is sick.
D.       Dinda must be hospitalized

Kunci jawaban : C Pembahasan            :
Alasan Dinda tidak dapat datang adalah karena neneknya sakit,
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Diberikan teks pesan singkat, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan informasi tersirat dengan tepat.

Soal:
5.      From the message above we know that... 
A.       Dinda and Mira have to work together on their project.
B.       Dinda’s grandma involves in the project.
C.       Dinda and her grandma will meet Mira at the hospital.
D.       Dinda expect Mira to stay in the hospital with her.

Kunci jawaban : A Pembahasan           :
Dari dalam teks bisa disimpulkan bahwa Dinda dan Mira sudah merencanakan untuk bekerjasama dalam membuat project.Jadi pilihan yang sesuai adalah a.
=========================================================
Read the text to answer questions 6 and 7





  : Menentukan tujuan komunikatif teks. 
    : Disajikan teks undangan, siswa dapat menentukan jawaban   pertanyaan tentang tujuan penulisan dengan tepat.
Soal:
6.      What is the text written for? 
      A. To invite somebody to a party
B.       To celebrate a new baby
C.       To welcome a princess
D.       To show the way to Lexington

Kunci jawaban : A
Pembahasan : Teks tersebut berupa undangan untuk merayakan ulang tahun Brianna yang keempat, bisa dilihat dari beberapa kata kunci misalnya RSVP. Jadi pilihan yang tepat adalah to invite somebody to a party.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal       : Disajikan teks undangan, siswa depat menentukan jawaban                       informasi tertentu dengan tepat.

Soal:
7.      Who should we contact to make a confirmation?
A.       Brianna
B.       Airy Princess
C.       Mr. Solomon
D.       Kathy

Kunci jawaban : D Pembahasan           :
Dalam teks disebutkan “please RSVP to Kathy…” berarti kita harus konfirmasi kepada Kathy.
=========================================================
Read the text to answer questions 8 to 9

Dear Parents,
We would like to announce the available roster of tutorial services offered by our school. This is part of our after-school academic immersion program:
        Algebra for elementary and high school levels
        History, Science and Chemistry
        Specific subjects for high school levels
Schedule of Sessions: 1 1/2 hours Monday to Friday except holidays.
Class .….. Size: …... Maximum ….. of…. 10 …..students.
Fee: $250/quarter.
For further information, you may contact our office at 555-2773.

Thank you very much.
Academic Advisor
  : Menentukan gambaran umum teks
    : Diberikan sebuah teks pengumuman, siswa dapat menentukan   gambaran umum teks tersebut.
Soal:
8.      What is the announcement about?
A.       Algebra class
B.       Specific subjects for students
C.       The roster of tutorial services
D.       History, science, and chemistry lessons

Kunci jawaban : C Pembahasan            :
Secara umum teks tersebut memberitahukan tentang tutorial services yang akan diselenggarakan oleh sekolah.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal       : Diberikan teks announcement yang sama, siswa dapat  menentukan informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.

Soal:           
9.      We can conclude that ...
A.       The services are free of charge.
B.       The programs will be held during weekend.
C.       There will be no more than 10 students in a class.
D.       This is not part of after-school academic immersion program.

Kunci jawaban : C
Pembahasan : Dalam teks tertulis “Class Size: Maximum of 10 students.” Berarti dalam satu kelas tidak boleh lebih dari 10 siswa.
=========================================================




 Read the text to answer questions 10 to 12




Indikator : Menentukan gambaran umum isi teks
Indikator soal : Diberikan iklan tentang telepon genggam, siswa dapat menentukan gambaran umum teks.

Soal:
10.  What is offered in the advertisement?
A.       Notebook
B.       Mobile phone
C.       Personal computer
D.       Digital camera

Kunci jawaban : B Pembahasan            :
Yang ditawarkan dalam iklan tersebut adalah produk dari Samsung berupa telepon genggam, sebagaimana bisa dilihat dari visualisasi gambarnya.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal : Diberikan iklan tentang telepon genggam, siswa dapat  menentukan informasi rinci dalam teks.

Soal:
11.  How many coloursdoes the product offer?
A.       One
B.       Two
C.       Four
D.       Six 



Kunci jawaban : B Pembahasan            :
Warna yang tersedia ada dua macam yaitu marble white dan pebble blue.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal       : Diberikan iklan tentang telepon genggam, siswa dapat menentukan informasi rinci dalam teks.

Soal:
12.  What reflects Samsung Galaxy III’s organic design? A. Comfortable grip and gentle curves
B.       Shooting sounds
C.       Live wallpaper’s ripples
D.       Beautifully seamless form

Kunci jawaban : A
Pembahasan         :Dalam teks tertulis “The Samsung GALAXY III’s 
                               comfortable grip and gentle curves reflect its organic design.”
=========================================================
Read the text to answer questions 13 to 15


Dear Frank:
It's been said that "A friend in need, is a friend indeed." No words could better describe what your friendship has meant to us over the years. 
Marie and I appreciate your taking the kids out to dinner last Thursday, so that we could be with her mom at the hospital.
It's wonderful to have friends like you, who are always there for us when we need you most. 
Marie and I want you to know that we cherish your friendship. Should you ever need us in any way, please don't hesitate to call on us.
With warm affection, Tim and Marie


Indikator : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal       : Disajikan sebuah surat, siswa dapat menentukan jawaban  pertanyaan informasi tertentu dari teks dengan tepat.

Soal:
13.  Who took the kids out to dinner?
A.       Mary and her mom
B.       Tim and Marie
C.       Marie
D.       Frank.

Kunci jawaban : D Pembahasan           :
Yang mengajak anak-anak makan malam di luar adalah Frank, karena kata you dalam surat tersebut merujuk pada si penerima yaitu Frank. =========================================================
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Disajikan sebuah surat yang sama, siswa dapat menentukan jawaban informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.

Soal:
14.  From the text we know that…
      A. Marie was hospitalized.
B.       Frank is Marie’s brother.
C.       Tim and Marie were very grateful to Frank.
D.       Tim and Marie could not visit Marie’s mom in the hospital.

Kunci jawaban : C
Pembahasan         : Surat itu mengekspresikan rasa terima kasih Tim dan Marie atas bantuan yang diberikan Frank.
=========================================================
Indikator : Menentukan makna kata/frasa dalam teks
Indikator soal : Disajikan kutipan kalimat dari teks dengan salah satu kata/frasa  digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna kata tersebut dengan tepat.

Soal:
15.  “Marie and I want you to know that we cherish your friendship. “ The word cherishmeans… 
      A. know.
B.       hate.
C.       appreciate.
D.       misunderstand.

Kunci jawaban : C Pembahasan            :
Kata cherish bermakna menghargai, jadi padanan yang sesuaiadalah appreciate.
=========================================================
Read the text to answer question 16

Indikator : Menentukan makna teks fungsional pendek
Indikator soal : Disajikan kutipan kalimat dari caution di tempat umum, siswa dapat menentukan makna caution tersebut.



Soal:
16.  The above caution means ... 
A.       we need to buy eye-protection equipment.     
B.       It is very easy to find eye-protection equipment.
C.       some students are using eye-protection equipment.
D.       it is very important to wear eye protection equipment.

Kunci jawaban : D Pembahasan           :
Teks mengisyaratkan keharusan menggunakan eye protection.
=========================================================

Read the text to answer questions 17 to 19

The Rising Stars

The success of Harry Potter movies has made Daniel Radcliffe, Emma Watson, and Rupert Grint the centre of public attention. The three rising stars have grown up on screen and grown into his or her role as an actor. Daniel Jacob Radcliffe was born in Fulham, London, 23 July 1989. His nickname is Dan. He is the only child of Alan Radcliffe and Marcia Gresham. Dan has dark brown hair and blue eyes. His height is about 168 cm. He is a loyal, shy, down-to-earth, and humorous person. He is also intelligent and somewhat mysterious. He loves football, Formula One racing and gymnastics. 
Emma Charlotte Duerre Watson was born in Paris, France, 15 April 1990. Her nickname is Emma. She is the daughter of Chris Watson and Jacqueline Luesby. She lived in Paris until the age of five before she moved with her mother and younger brother Alexander to Oxford, England. Emma has wavy brown hair. Her height is 165 cm. She is an openhanded, friendly, and determined person. She also said that she is a little bit stubborn. Emma loves dancing, singing, tennis and art. 
Rupert Alexander Grint was born in Hertfordshire, England, 24 Au-gust,
1988. His nickname is Rupert. He is the oldest son of Nigel Grint and Jo Parsons. Rupert has bright red hair. His height is 180 cm. He is an active and humorous person. He is also very humble. 
However, he is the shyest of the three Harry Potter co-stars. Rupert is arachnophobia. It means that he is afraid of spiders. He likes all kinds of music, but his favorite is classic rock and roll. His favorite school subject is Chemistry. These Hogwarts trio have been really great associates, not only on screen but also in real life. Their secret of friendship is that they always understand each other although they have different backgrounds and personalities.


Indikator : Menentukan gambaran umum isi teks
Indikator soal       : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat menentukangambaran umum isi teks dengan tepat.

Soal:
17.  What is the text about? 
     A. The life of Harry Potter stars
B.       The making of Harry Potter movies
C.       The success of Harry Potter series
D.       The description of the stars of Harry Potter
Kunci jawaban : D Pembahasan           :
Teks tersebut berisi deskripsi trio yang membintangi HarryPotter.
=========================================================
Indikator : Menentukan makna kata/frasa 
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat menentukan sinonim sebuah kata yang dipilihkan. Soal:
18.  “She is an openhanded, friendly, and determined person.” The underlined word is similar in meaning with…
     A. generous.
B.       grateful.
C.       wealthy.
D.       mean.

Kunci jawaban : A Pembahasan           :
Kata openhanded bermakna pemurah, padanannya adalah generous.
=========================================================
Indikator : Menentukan makna tersirat 
Indikator soal       : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat           menemukanhubungan antar tokoh dengan tepat.

Soal:
19.  From the text we know that the three rising stars are…
     A. good friends.
B.       only good while on screen.
C.       jealous with each other.
D.       not willing to help each other.

Kunci jawaban : A Pembahasan           :
Ketiga sahabat itu memang sahabat sejati, bukan hanya di layar film saja tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.
=========================================================
Read the text to answer questions  20 to 22


Gontor 5 for Girls
Gontor 5 for Girls is a school located in Kandangan, Pare, Kediri, East Java. On its 4th age, the institution, inhabited by 529 students and 65 teachers, directed by Mr. H. Agus Mulyana, S.Ag., always develops and keeps its existence.  It is a boarding school. All students live in dormitories. So, they do everything together. 
Students get up early in the morning and do their dawn prayer. Then they take a bath and have breakfast together. Before the morning classes start, they return to their bedroom to make the beds and clean the rooms. After school they
usually do sports or other extracurricular activities.
In the evening they have dinner together. Then they prepare themselves for the next day. Some of them do their homework and others study or read books. Before they go to bed, they have time to relax. They chat with their friends or read magazines.


Indikator : Menentukan makna tersirat 
Indikator soal       : Disajikan teks deskriptif tentang kegiatan sehari-hari, siswa dapat menentukan sifat orang yang tersirat di dalam teks.

Soal:
20.  From the text we know that the students of Gontor 5 for Girls are… 
      A. Lazy and slow.
B.       Active and independent.
C.       Reactive and rebellious.
D.       Irresponsible and enthusiastic.

Kunci jawaban : B Pembahasan            :
Dari kebiasaan sehari-hari yang dilakukan para siswa menunjukkan bahwa mereka merupakan siswa yang aktif dan bertanggung jawab,
=========================================================
Indikator : Menentukan pikiran utama paragraf
Indikator soal  : Disajikan teks deskriptif tentang kegiatan sehari-hari, siswa dapat menentukan pikiran utama paragraph tertentu.

Soal:
21.  What is the main idea of the last paragraph?
A.       Students extracurricular activities in the morning.
B.       Students have many activities in the evening.
C.       Studentsdo their homework in the evening.
D.       Students chat with their friend  before going to bed.
Kunci jawaban : B Pembahasan            :
Paragraf terakhir berisi kegiatan siswa di malam hari.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi rinci tersurat
Indikator soal       : Disajikan teks deskriptif tentang kegiatan sehari-hari, siswa 
       dapat menentukan informasi rinci alasan ketenaran orang yg
dideskripsikan.

Soal:
22.  When do the students make the beds and clean the rooms?
A.       After they get up
B.       Before they do their dawn prayer
C.       Before they take a bath
D.       Before the morning classes start



Kunci jawaban : D Pembahasan           :
Para siswa kembali ke kamar untuk membereskan dan membersihkannya sebelum pelajaran pagi mulai.Informasi ini dapat ditemukan di paragraph 2.
=========================================================
Read the text to answer questions 23 to 25

Mahogany
In the natural rainforest, Mahogany is a very large canopy tree, sometimes reaching over 150 feet in height, with trunks sometimes more than 6 feet in diameter above a large basal buttress. It is a generally open-crowned tree, with gray to brownish-red fissured bark. 
Mahogany is perhaps the most valuable timber tree in the whole of Latin America and has been heavily exploited for most of this century. Mahogany is becoming increasingly rare, and is already extinct in parts of its original range. It is listed as threatened in "Arboles Maderables en Peligro de Extinción en Costa Rica" and is listed in CITES Appendix III. 
Mahogany varies from yellowish, reddish, pinkish, or salmon colored when freshly cut, to a deep rich red, to reddish brown as the wood matures with age. Mahogany is fine to medium texture, with uniform to interlocking grain, ranging from straight to wavy or curly. Irregularities in the grain often produce highly attractive figures such as fiddle back or mottle. Mahogany polishes to a high luster, with excellent working and finishing characteristics. It responds well to hand and machine tools, has good nailing and screwing properties, and turns and carves superbly. 
Mahogany is regarded by many as the world's premier wood for fine cabinetry, high-class furniture, trimming fine boats, pianos and other musical instruments, sculpture, joinery, turnery, figured and decorative veneer, interior trim, and carving.

Indikator : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal       : Disajikan teks report tentang tumbuhan, siswa dapat  menentukan informasi tertentu di dalam teks.

Soal:
23.  How large can Mahogany be?
      A. Less than 5 feet in diameter
B.       More than 6 feet in diameter
C.       About 100 feet in diameter
D.       Over 150 feet in diameter

Kunci jawaban : B Pembahasan            :
Ukuran pohon tersebut bisa mencapai lebih dari 6 meter diameternya.
========================================================= 
Indikator     : Menentukan informasi rinci   
Indikator soal : Disajikan teks report tentang tumbuhan, siswa dapat menentukan informasi rinci di dalam teks.
Soal:
24.  What makes Mahogany becoming increasingly rare?
A.       Its size
B.       Its exploitation
C.       Its quality
D.       Its value

Kunci jawaban : B Pembahasan            :
Yang menyebabkan pohon itu semakin langka adalah karena dieksploitasi.
=========================================================
Indikator : Menentukan makna kata/frasa 
Indikator soal       : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat           menentukan sinonim sebuah kata yang dipilihkan.

Soal:
25.  “… and is already extinct in parts of its original range. The underlined word means… 
      A. survive
B.       vanish
C.       stay alive
D.       uncommon

Kunci jawaban : b Pembahasan            :
Kata extinct bermakna punah, padanannya adalah vanish.
=========================================================

Read the text to answer questions 26 to 28


INGREDIENTS
1  Small chicken, cut into pieces
2  cups fresh coconut milk (or 200 ml thick coconut milk and 200 ml water)

GRINDED SPICES
Shallots, garlic, galangal, lemongrass, cumin, salt, pepper, coriander

COOKING DIRECTIONS
Boil chicken.  Allow 2 cups of broth to remain in the pot.
Fry the grinded spices with 2 spoons of vegetable oil.
Add the spices into the boiled chicken; turn to low heat until it is tender.
Add the coconut milk, stir, continue simmer to enhance flavor. Serve your white chicken curry while hot.


Indikator : Menentukan gambaran umum isi teks
Indikator soal : Disajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menentukan gambaran umum teks.

Soal:
26.  What is the text about?
A.       How to grind spices
B.       How to fry chicken
C.       How to make thick coconut milk
D.       How to cook white chicken curry

Kunci jawaban : d Pembahasan            :
Teks tersebut berupa resep cara membuat opor ayam (white chicken curry).
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tersirat dalam teks
Indikator soal       : Disajikan sebuah teks procedure,  siswa dapat menentukan makna tersirat di dalam teks.

Soal:
27.  Why do we need to simmer after adding coconut milk?
A.       To make the chicken tender
B.       To get attractive color
C.       To make the curry spicy
D.       To enhance flavor

Kunci jawaban : D Pembahasan           :
Tujuannya adalah agar santan meresap sehingga rasanya lebih lezat, sebagaimana tertulis dalam teks “Add the coconut milk, stir, continue simmer to enhance flavor.”
=========================================================
Indikator : Menentukan rujukan kata dalam teks
Indikator soal : Disajikan sebuah teks procedure,  siswa dapat menentukan rujukan kata tertentu di dalam teks.

Soal:
28.  “… turn to low heat until it is tender.” The word it refers to…
A.       heat
B.       spice
C.       chicken
D.       vegetable oil

Kunci jawaban : C
Pembahasan         : Yang menjadi empuk adalah chicken,
=========================================================




Read the text to answer questions 29 to 30


How to Remove Ballpoint Pen Ink Stains From Fabric

Instructions
Things You'll Need:
               Paper towels 
               Clean cloth 
               Hair Spray 
               Terry Cloth Washcloths 
               Sponges 
               Rubbing Alcohol 
               Nail Polish Remover 
               Laundry Pretreatment 
               Liquid Bleach  Steps:
1.      Sponge the stain with water to remove as much ink as possible.
2.      Allow the spot to dry.
3.      Set the affected area face down on a clean cloth or paper towels.
4.      Spray the back side of the stain with hairspray, or apply rubbing alcohol or nail polish remover.
5.      Blot the back side with a clean terry cloth washcloth to further remove as much ink as possible.
6.      Apply laundry pretreatment.
7.      Wash in warm water.
8.      Air dry.


Indikator : Menentukan informasi tersirat  
Indikator soal : Disajikan teks procedure, siswa dapat menentukan informasi  tersirat tentang topik di dalam teks.

Soal:
29.  According to the text, we do not need to…
A.       wash the cloth
B.       dry the spot
C.       apply laundry pretreatment
D.       use dryer

Kunci jawaban : D Pembahasan           :
Pada langkah terakhir disebutkan “air dry” jadi kita tidak memerlukan alat pengering.
========================================================= Indikator     : Menentukan makna kata/frasa 
Indikator soal : Disajikan teks procedure, siswa dapat menentukan sinonim sebuah kata yang dipilihkan.

Soal:
30.  “Allow the spot to dry.” The underlined word has similar meaning to….
      A. ink.
B.       cloth.
C.       mark.
D.       fabric.

Kunci jawaban : c
Pembahasan : Persamaan kata yang tepat untuk spot adalah mark, yaitu area atau tanda noda pada kain, yang sudah dilap dengan air.
=========================================================

Read the text to answer questions 31 to 33


My Worst Mistake

Hi Diary,
I’ve just had the worst day ever!  It all began at morning break.  This horrible boy came over and pushed me for no reason.  When I pushed him back I was the one who got into trouble.  I was given a nasty note from Ms Thomas to take home to mom.
Later when mum read the note she blamed me – she wouldn’t even
listen to my side of things.  It’s not fair.  Now I’m grounded for a month and all I did was stick up for myself.
Still I have learned one thing today – violence won’t solve my problems
but telling tales just might!


Indikator : Menentukan informasi tertentu 
Indikator soal : Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan informasi tententu di dalam teks.

Soal:
31.  What did the writer take home for his mom?
A.       Good report from school
B.       The photo of the horrible boy
C.       The nasty note from Ms. Thomas
D.       Punishment letter from the principal

Kunci jawaban : C Pembahasan            :
Yang harus diberikan untuk ibunya adalah note dari Ms. Thomas, seperti yang disebutkan dalam paragraph pertama kalimat terakhir. =========================================================
Indikator : Menentukan pikiran utama paragraf
Indikator soal : Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan pikiran utama paragraph yang ditentukan.

Soal:
32.  What is the main idea of paragraph 2? A. The boy had a horrible life.
B.       The writer was blamed by his mom.
C.       Ms. Thomas gave him a nasty note.
D.       Something has to be learned from his experience.

Kunci jawaban : B Pembahasan            :
Setelah ibunya membaca note dari Ms. Thomas dia menyalahkan penulis: “Later when mum read the note she blamed me.”
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tersurat
Indikator soal  : Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan informasi  tersurat yang ditentukan.

Soal:
33.  What did the writer learn from his experience?
A.       Violence won’t solve problems.
B.       Telling tales makes life worse.
C.       Being given a nasty note is a fun.
D.       Making friend is not necessary.

Kunci jawaban : A Pembahasan           :
Disebutkan dalam paragraph terakhir bahwa pada akhirnya penulis menyadari kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah.
=========================================================

Read the text to answer questions 34 to 36


Steven Paul Jobs was born on 24 February 1955 in San Francisco, California, to Abdulfattah Jandali and Joanne who gave him up for adoption. He was taken in by Paul and Clara Jobs, and grew up with them in Mountain View, California.
He attended Homestead High School in Cupertino California and went to Reed College in Portland Oregon in 1972 but dropped out after only one semester, staying on to "drop in" on courses that interested him.
He took a job with video game manufacturer Atari to raise enough money for a
trip to India and returned from there a Buddhist.
Back in Cupertino he returned to Atari where his old friend Steve Wozniak was
still working. Wozniak was building his own computer and in 1976 Jobs pre-sold 50 of the as-yet unmade computers to a local store and managed to buy the components on credit solely on the strength of the order, enabling them to build the Apple I without any
funding at all.
The Apple II followed in 1977 and the company Apple Computer was formed
shortly afterwards. By the time production of the Apple II ended in 1993 it had sold over 6 million units.
In 1985 Jobs was fired from Apple and immediately founded another computer company, NeXT. 
In the meantime, in 1986, Jobs bought The Computer Graphics Group from Lucasfilm. The group was responsible for making high-end computer graphics hardware but under its new name, Pixar, it began to produce innovative computer animations. Their first title under the Pixar name, Luxo Jr. (1986) won critical and popular acclaim and in 1991 Pixar signed an agreement with Disney, with whom it already had a relationship, to produce a series of feature films, beginning with Toy Story (1995).
In 1996 Apple bought NeXT and Jobs returned to Apple, becoming its CEO. In 2003, Jobs was diagnosed with pancreatic cancer and underwent surgery in 2004. Despite the success of this operation he became increasingly ill and received a liver transplant in 2009. He returned to work after a six month break but eventually resigned his position in August 2011 after another period of medical leave which began in January 2011. He died on 5 October 2011.


Indikator : Menentukan tertentu
Indikator soal : Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan informasi  yang ditentukan.

Soal:
34.  Apple II was built in… 
      A. 1976.
B.       1977.
C.       1993. D. 1995.

Kunci jawaban : B Pembahasan            :
Dusebutkan di dalam bacaan bahwa “The Apple II followed in 1977 and the company Apple Computer was formed shortly afterwards.”
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal       : Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan informasi  tersirat yang terkandung dalam teks.

Soal:
35.  Steve Jobs resigned from his position because… 
      A. Apple fired him.
B.       he signed an agreement with Disney.
C.       he won critical and popular acclaim.
D.       his health condition became worse.

Kunci jawaban : D Pembahasan           :
Steve Jobs akhirnya mengundurkan diri karena kondisi kesehatannya yang memburuk.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal : Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan informasi rinci yang ditentukan. Soal:
36.  What did Steve do when he was fired from Apple?
A.       Returning to Atari
B.       Founding NeXT
C.       Signing an agreement with Disney
D.       Producing a series of feature films

Kunci jawaban : B Pembahasan            :
Setelah diberhentikan dari Apple, steve Jobs mendirikan NeXT.
=========================================================
Read the text to answer questions 37 to 39


Long ago, there lived a little boy named Sammy. He was a good boy. He was good in his studies, obedient to his parents, more intelligent than many other boys in his class and kind to everyone. 
Now there was another boy named Timmy who studied in the same class as Sammy. Unlike Sammy, he was not good at studies and always liked to play during school hours. He misbehaved with his parents, bullied his classmates and even ill-treated Sammy. 
On his eighth birthday, Sammy got a nice pen as a gift from his parents. He brought it to school so that he could use it to take down the notes of the lectures that the teachers gave in class. When Timmy saw it, he felt uneasy. He asked Sammy,
"Hey, where did you get that? Did you buy it?" 
"My parents gave it as a birthday gift to me." replied Sammy. 
Timmy was overwhelmed with anger and jealousy. His parents never gave him a gift. He decided to steal Sammy's pen. During recess, when everyone had gone out from the class, Timmy opened Sammy's bag and took out his pen. Then he hid it inside his bag and went out.
When Sammy came back and could not find his pen, he informed his class teacher about it. There was a hunt for the missing pen and the class teacher ordered the class monitor to search the bag of every children inside the class. The missing pen was soon found out of Timmy's bag and the furious teacher asked the errant boy, 
"Now Timmy, what do you have to say about it?"  Timmy was in tears. He had nothing to say.


Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal     : Disajikan teks narrative, siswa dapat menentukan informasi  rinci yang ditentukan.
Soal:
37.  Timmy is Sammy’s … A. brother.
B.       cousin.
C.       nephew.
D.       classmate. Kunci jawaban : d Pembahasan            :
Timmy adalah teman se4kelas Sammy.Hal ini dapat dilihat di paragraph 2.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Disajikan teks narrative, siswa dapat menentukan informasi tersirat yang terkandung dalam teks.

Soal:
38.  Timmy decided to steal Sammy's pen because… 
     A. he wanted the pen.
B.       the teacher asked him.
C.       his friends made him angry.
D.       he was jealous of Sammy.

Kunci jawaban : D Pembahasan           :
Timmy melakukan hal itu karena iri hati, karena dia tidak pernah menerima hal seperti itu dari orang tuanya.
=========================================================
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal       : Disajikan teks narrative, siswa dapat menentukan informasi rinci yang ditentukan. Soal:
39.  What did Timmy do to Sammy’s new pen?
     A. He hid it inside his bag.
B.       He threw it to the dustbin.
C.       He put it in the teacher’s bag.
D.       He gave it to his friend.

Kunci jawaban : A Pembahasan           :
Yang dilakukan Timmy adalah menyembunyikan pena tersebut ke dalam tasnya.
=========================================================
Read the text to answer questions 40 to 42


One day a man was going to market with his son and his ass. They met a couple on the way.
"Why walk when you have an ass to ride?" called out the husband, "seat the boy on the ass."
"I would like that," said the boy, "help me up father." And the father did that willingly.
Soon they met another couple. "How shameful of you!" cried the woman, "let your father ride, won't he be tired?"
So, the boy got down and the father rode the ass. Again they marched on. "Poor boy", said the next person they met, "why should the lazy father ride while his son is walking?"
So, the boy got onto the ass too. As they went on, they met some travelers. "How cruel of them!" They are up to kill the poor ass." cried one of the travelers.
Hearing this, the father and the son got down. Now they decided to carry the ass on their shoulders. As they did so, the travelers broke into laughter. The laughter frightened the ass. It broke free and galloped away.


Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Disajikan teks narrative, siswa dapat menentukan informasi  tersirat yang ditentukan.

Soal:
40.  How did the man feel when he put the boy on the ass?
A.       Sad
B.       Cruel
C.       Happy
D.       Jealous

Kunci jawaban : C Pembahasan            :
Sang ayah melakukannya dengan senang hati, “And the father did that willingly.”
=========================================================
Indikator : Menentukan rujukan kata dalam teks
Indikator soal : Disajikan teks narrative, siswa dapat menentukan rujukan kata yang ditentukan dalam teks.

Soal:
41.  “Now they decided to carry the ass on their shoulders.” The word “they” in the sentence refers to… 
      A. the travelers.
B.       the boy and his father.
C.       the boy and the ass.
D.       the travelers and the ass.

Kunci jawaban : B Pembahasan            :
Kata they dalam kalimat tersebut merujuk pada anak laki-laki itu dengan ayahnya.
=========================================================
Indikator : Menentukan pesan moral dalam teks
Indikator soal : Disajikan teks narrative, siswa dapat menentukan pesan moral dalam teks.
Soal:
42.  What can we learn from the story? 
      A. You cannot please everyone.
B.       We should help other people.
C.       Do not believe anybody else.
D.       You must take your child with you.


Kunci jawaban : A Pembahasan           :
Pesan moral dari cerita tersebuta adalah bahwa kita tidak bisa menyenangkan semua orang.
=========================================================

For questions 43 to 45, complete the text with appropriate words. 


Over a river there was a very narrow bridge. (43)… a goat was crossing this bridge. Just at the middle of the bridge he (44)… another goat. There was no room for them to pass. (45) “…," said one goat to the other, "there is no room for both of us".
"Why should I go back?", said the other goat. "Why should not you go back?"


Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan teks narrative, siswa dapat mengisi rumpang dengan adverb yang sesuai.

Soal:
43.  A.   today
B.       one day
C.       tomorrow
D.       the next day
Kunci jawaban : B Pembahasan           
Teks di atas berbentuk narrative, dan sesuai cerita keterangan waktu yang tepat adalah one day.
=========================================================
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan teks narrative, siswa dapat mengisi rumpang dengan verb yang sesuai.

Soal:
44.  A.  kept
B.       let
C.       met
D.       said

Kunci jawaban : c Pembahasan             : 
Pilihan kata kerja yang paling tepat adalah met, di tengah jembatan kambing itu bertemu dengan seekor kambing lain.
=========================================================
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan teks narrative, siswa dapat mengisi rumpang dengan ekspresi yang sesuai.



Soal:
45.  A.  come here
B.       come in
C.       go ahead
D.       go back

Kunci jawaban : D Pembahasan          
Kata-kata kunci dari kalimat tersebut adalah no room for both of us, jadi ekspresi  yang  tepat  adalah go back.
=========================================================

For questions 46 to 48, complete the text with appropriate words. 


First, melt the butter in the (46)… over medium heat. Then, crack open the eggs into the pan and (47)… fry until the yolks begin to harden at the edges (indicated by a lightening in the yolk color). Using the spatula, flip the eggs
(48)… and allow cooking ten seconds for over-easy, or up to one minute for over-hard. Finally, add salt and pepper to taste, and serve.


Indikator
: Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal

Soal:
46. A.  kettle
B.       pan
C.       stove
D.       spatula

: Disajikan teks procedure, siswa dapat mengisi rumpang dengan kata benda yang sesuai.
Kunci jawaban : B Pembahasan       :
Sebelum menggoreng kita melelehkan mentega di dalam wajan.
=========================================================


Indikator
: Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal

Soal:
47. A.  let
B.       make
C.       start
D.       stop to

: Disajikan teks procedure, siswa dapat mengisi rumpang dengan kata kerja yang sesuai.
Kunci jawaban : A Pembahasan       : 
Kalimat dalam teks procedure berupa petunjuk atau instruksi jadi berbentuk imperative. Kata kerja yang sesuai adalah let.
=========================================================
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang. Indikator soal       : Disajikan teks procedure, siswa dapat mengisi rumpang dengan adverb of manner yang sesuai.

Soal:
48.  A.  carelessly B. reluctantly
C.       carefully
D.       immediately

Kunci jawaban : B Pembahasan           
Adverb of manner yang paling tepat untuk digunakan dalam proses memasak telur tersebut adalah carefully.
=========================================================
Indikator : Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat sederhana yang bermakna.
Indikator soal : Diberikan 7 berbagai jenis kata, siswa dapat menyusun kalimat sederhana yang bermakna 

Soal:
49.  Arrange these words into a good sentence.

the  -yesterday  - attractive - was - my - life - most - schoolday - of 
1                        2 3          4     5   6          7          8          910

The best arrangement of the words is….
A.       2 – 4 – 5 –8 – 6 - 10 – 1 – 3 – 7 – 9 
B.       2 – 4 – 1 – 7 – 3 – 9 – 10 – 5 – 8 – 6 
C.       5 – 6 – 4 – 1 – 7 – 3 – 8 – 9 – 10 - 2 
D.       5 – 8 – 6 – 2 – 4 – 1 – 7 – 3 – 10 – 9 

Kunci jawaban : B
Pembahasan         : 
Susunan kata yang paling tepat adalah “Yesterday was the most attractive day of my school life”.
=========================================================
Indikator               : Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf deskriptif yang padu dan bermakna 
Indikator soal : Diberikan 8 berbagai kalimat, siswa dapat menyusun kalimatkalimat tersebut menjadi paragraph deskriptif yang bermakna 

Soal:
50.  Arrange the following sentences into a good paragraph.
1                        It is at 69 Sultan Agung Street. 
2                        I put the computer on my table.  
3                        I love my office because it is very comfortable.  
4                        This is my office. 
5                        There is also a cupboard near my table. 
6                        In my office there is a set of personal computer. 
7                        I keep some books in the cupboard. 

The best arrangement of the sentences is….
A.       3 – 6 – 2 – 4 – 1 – 5 – 7 
B.       3 -  4 -  1 – 5 – 7 – 6 – 2 
C.       4 – 3 – 1 – 6 – 2 – 7 – 5 
D.       4 – 1 – 6 – 2 – 5 – 7 –3 

Kunci jawaban : d Pembahasan            :
Susunan teks descriptive dimulai dari identifikasi, yang tertulis dalam kalimat ke empat.Setelah itu diikuti dengan description.


Sumber:http://mbegedut.blogspot.com/


Soal UN Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2013-2014 

     (1)Peran seni teater termasuk penting karena dapat membantu karakter bangsa Indonesia yang selama ini dikenal penuh toleransi dan menghormati pluralisme. (2)Melalui latihan teater, orang diajarkan untuk mengenal karakter orang lain, memahami orang lain dari tokoh-tokoh yang ditampilkan. (3)Hal ini juga disampaikan oleh Jose Rizal Manua, seniman teater, sekaligus pendiri teater anak-anak bernama Teater Tanah Air, Sabtu (4/6) di Jakarta. (4)Pemahaman terhadap orang lain ini terbentuk karena dalam teater seseorang diajarkan untuk mengenal tidak hanya fsikologi manusia, tetapi juga latar belakang sosial seseorang. (5)Karakter seseorang  juga dapat terbentuk  dari latar belakang budaya seseorang.
1. Ide pokok paragraf tersebut adalah….
A. manfaat peran seni teater
B. pengajaran dalam teater
C. pengenalan karakter orang
D. runtuhnya karakter bangsa
E. terbentuknya karakter seseorang
Kalimat utama paragraf di atas adalah kalimat (1)  Peran seni teater termasuk penting karena dapat membantu karakter bangsa Indonesia yang selama ini dikenal penuh toleransi dan menghormati pluralisme. Pilihan yang sesuai dengan kalimat pertama adalah pilihan yang  A. manfaat peran seni teater. Manfaat peran seni teater adalah dapat membantu karakter bangsa Indonesia.
Jawaban : A
2. Kalimat yang merupakan fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Kalimat yang merupakan fakta adalah kalimat nomor (3) Hal ini juga disampaikan oleh Jose Rizal Manua, seniman teater, sekaligus pendiri teater anak-anak bernama Teater Tanah Air, Sabtu (4/6) di Jakarta. Kalimat ini adalah satu-satunya kalimat yang merupakan fakta dalam paragraf di atas. Kalimat nomor (3) ini mengandung ciri-ciri fakta: nama tempat, orang yang berbuat, hari dan tanggal (waktu), yang merupakan data yang tak bisa dibantah adanya.
Jawaban :  C
3. Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Kalimat yang mengandung kata tidak  baku adalah kalimat nomor (4) Pemahaman terhadap orang lain ini terbentuk karena dalam teater seseorang diajarkan untuk mengenal tidak hanya fsikologi manusia, tetapi juga latar belakang sosial seseorang.  Kata tidak baku dalam kalimat tersebut adalah fsikologi. Kata bakunya adalah psikologi, artinya ilmu tentang gejala kejiwaan manusia. Kata fsikologi tidak ditemukan dalam KBBI, artinya kata itu tidak ada dalam bahasa Indonesia.
Jawaban : D
     (1)Radikal bebas, beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radiasi dapat menyebabkan kerusakan  pada DNA. (2)Padahal, DNA adalah bagian penting dari sel tubuh karena berfungsi mengatur kinerja sel sehingga dapat berfungsi dengan normal. (3) Jika DNA suatu sel rusak, sel tersebut dapat terus tumbuh dan besar kemungkinan sel tersebut  akan mengarah pada sel kanker suatu hari nanti. (4)Namun, beberapa bahan fitokimia  (bahan-bahan kimia yang diproduksi  oleh tumbuh-tumbuhan) mampu menghambat proses perusakan DNA. (5)Zat tersebut dapat menetralkan zat karsinogenetik atau  mutagenik serta dapat menyebabkan pengeluaran zat karsinogenetik itu dari dalam tubuh, contohnya isohiocynates yang terdapat di dalam sayuran dapat mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh bahan karsinogen.
4. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Kalimat utama adalah kalimat  (1) Radikal bebas, beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radiasi dapat menyebabkan kerusakan  pada DNA.
Kalimat berikutnya menjelaskan kalimat nomor (1) ini.
Kalimat (2) menjelaskan bahwa DNA penting (tidak boleh rusak) dan fungsinya.
Kalimat (3) menjelaskan akibat dari rusaknya DNA suatu sel.
Kalimat (4) dan (5) menjelaskan bahan yang dapat menghambat kerusakan DNA.
Jawab :  A
5.  Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah….
A.  DNA yang sangat penting bagi tubuh dapat dirusak oleh beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radiasi, tetapi dapat dihambat dengan fitokimia.
B.  Beberapa bahan fitokimia (bahan-bahan kimia yang diproduksi oleh makhluk hidup) mampu menghambat proses perusakan DNA.
C.  Sel kanker disebabkan oleh radikal bebas, beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radiasi.
D.  DNA adalah bagian penting dari sel tubuh karena berfungsi  mengatur kinerja sel, tetapi dapat dirusak oleh zat karsinogenetik atau mutagenik.
E.  Isothiocyanates yang terdapat dalam sayuran dapat meningkatkan radikal bebas dan bahan kimia dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.
Jawaban :  A
Hanya pilihan yang sesuai dengan teks bacaan.
No.
Kurs Valas
Kurs Valas bulan Juni 2011
28 Juni
30 Juni
1.
GBP
13.700
13.800
2.
EUR
12.300
12.400
3.
AUD
9.000
9.200
4.
JPY  (100)
10.700
10.600
6.  Pernyataan yang sesuai dengan tabel di atas adalah….
A.  Pada tanggal  28 dan 30 tiap-tiap kurs valas mengalami kenaikan.
B.  Kenaikan kurs valas tertinggi pada kurs valas nomor 3 dan 4.
C.  Kurs valas pada nomor 4 tidak mengalami kenaikan.
D.  Kenaikan kurs valas pada nomor 1, 2, dan 3 besarnya sama.
E.  Besarnya kenaikan kurs valas pada nomor 1 dan 2 tidak sama.
Jawaban :  C
7.  Simpulan yang tepat berdasarkan tabel tersebut adalah ….
A. Kenaikan tiap kurs valas sebanding satu dengan lainnya.
B. Kenaikan kurs valas  1 sama dengan kurs valas  4.
C. Kenaikan rendah terjadi pada kurs valas nomor 3.
D. Kurs valas mengalami kenaikan setiap hari.
E. Kenaikan kurs valas tanggal 28 ke tanggal 30 Juni relatif stabil.
Jawaban :  E
      Setelah pagi-pagi hari, maka berkatalah Si Miskin kepada isterinya, “Ya Tuanku, matilah rasaku ini, sangatlah sakit rasanya tubuhku ini. Maka tiadalah berdaya lagi; hancurlah rasanya anggotaku ini.” Maka ia pun tersedu-sedulah menangis, maka terlalu belas rasa hati isterinya, melihat laku suaminya demikian itu; maka ia pun menangis pula seraya mengambil daun kayu, lalu dimamahnya, maka disapukannyalah seluruh tubuh suaminya, sambil berkata, “Diamlah Tuan, jangan menangis! Sudahlah dengan untung kita, maka jadilah selaku ini!” Adapun Si Miskin itu, asalnya daripada   raja keinderaan. Maka, kena sumpah Batara Indera, maka jadilah ia demikian itu. Maka, adalah suaminya itu pun segarlah sedikit tubuhnya. Setelah itu, maka suaminya pun masuk ke dalam hutan mencari umbut muda, yang patut dimakannya; maka dibawanyalah kepada isterinya. Maka demikianlah laki bini itu.
8.  Karakteristik yang menggambarkan bahwa naskah tersebut karya sastra Melayu Klasik adalah….
A. Struktur kalimat dan kesaktian tokoh.
B. Istana sentris dan perilaku tokoh.
C. Struktur kalimat dan kesengsaraan tokoh.
D. Penggunaan kata maka dan istana sentris
E. Kesaksian tokoh dan kemustahilan.
Jawaban : D
Ciri-ciri sastra Melayu Klasik yaitu: istana sentris, bahasa klise seperti maka, hatta, dll., susah dimengerti kalimatnya (struktur kalimat), anonim, mengandung hal yang ajaib/mustahil.
9.    Isi cerita yang diungkapkan dalam kutipan tersebut adalah….
A.      Si Miskin dan istrinya lari masuk hutan mencari umbut muda.
B.      Kehancuran hidup Si Miskin dan istrinya di dalam hutan.
C.      Kehidupan Si Miskin dan istrinya  selama jadi pengemis.
D.      Kesetiaan istri Si Miskin dan kerelaan menerima nasib.
E.       Si Miskin yang hidup terlunta-lunta karena sumpah Batara Indera.
Jawaban : D
Istri Si Miskin setia mendampingi suaminya dalam kesusahan dan rela menerima nasibnya. Kerelaan ini tampak dari ucapannya,”… Sudahlah dengan untung kita….”
10.            Raja Syahsian dan perdana menteri sangat bergembira. Setelah memakan obat yang dibawa Indraputera, yaitu sekuntum bungan tunjung, permaisuri hamillah dan melahirkan seorang anak yang elok parasnya yang dinamakan Tuan Puteri Indra Seri Bulan. Pada suatu ketika, Indraputera dituduh berbuat jahat dengan dayang-dayang istana dan akhirnya Indraputera dibuang di sebuah negeri yang kotanya terbuat dari batu hitam. Raja negeri ini sangat memuliakan Indraputera dan memberikan hadiah sehelai kain yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit kepada Indraputera.
Nilai moral yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah….
A.      Tuduhan terhadap Inderaputra berbuat jahat.
B.      Kegembiraan Raja Syahsian dan perdana menterinya.
C.      Sikap pemimpin memuliakan orang lain dan memberi hadiah.
D.      Sikap inderaputra terhadap tuduhan yang menimpa dirinya.
E.       Sikap Inderaputra setelah dapat menyembuhkan berbagai penyakit.
Jawaban : C
Ini sesuai dengan kalimat   Raja negeri ini sangat memuliakan Indraputera dan memberikan hadiah sehelai kain yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit kepada Indraputera.
11.            Mereka terkejut melihat harimau sangat lincah melepaskan Pak Balam dari cengkeramannya. Harimau itu menghilang ke dalam hutan yang sangat gelap di tengah malam itu. Dengan cepat mereka berlari dan menuju ke tempat Pak Balam terbaring. Dalam cahaya samar-samar dari potongan kayu yang menyala, mereka melihat betapa kaki kiri Pak Balam lukanya bengkak sekali, betisnya kena gigitan harimau, daging dan otot betis koyak hingga kelihatan tulangnya yang putih, dan darah mengalir berwarna merah.
Frasa adjektiva yang tepat memperbaiki frasa yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah….
A.      sangat besar, besar benar, teramat banyak
B.      sangat besar, amat parah, amat banyak
C.      cukup besar, sakit sekali, bagaikan air
D.      agak besar, dalam sekali, tak tertahankan
E.       tinggi besar, paling lebar, seperti air
Jawaban : B
12.     Cermatilah paragraf berikut!
       Jasa-jasa ekologi yang terdapat di Kawasan Ekosistem Leuser mencakup penyediaan air bersih, pengendalian erosi sehingga banjir, pengaturan iklim lokal, penyerapan karbon, perikanan air tawar, bahwa keindahan alam pendukung industri pariwisata. Jasa-jasa ini hanya dapat tersedia maupun Kawasan Ekosistem Leuser dijaga dan dipelihara fungsinya sebagai suatu  kesatuan yang utuh.
Kata penghubung yang tepat untuk memperbaiki kata penghubung  yang bercetak miring pada paragaraf tersebut adalah ….
A.      atau, tetapi, sebab
B.      yaitu, bahkan, bahwa
C.      serta, yakni, dan
D.      dan, serta, jika
E.       karena, misalnya, apabila
Jawaban : D
13.     Cermatilah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
Topik :  Cinta Tanah Air
(1)    Bila kita mencintai tanah air, hendaklah dimulai dari diri sendiri, yaitu dengan mendisiplinkan diri untuk hal-hal yang baik.
(2)    Pemerintah harus memberantas korupsi yang merajalela tanpa pandang bulu dan tidak menunda-nunda penyelesaian kasusnya.
(3)    Meningkatkan kedisiplinan dengan menghargai waktu, menjaga kebersihan lingkungan, dan menaati peraturan yang sudah disepakati.
(4)    Jangan ada perang dingin antarrakyat Indonesia karena hal sepele menjadi perselisihan nyata.
(5)    Jangan kita berteriak-teriak saja, tetapi buktikan dengan tindakan nyata untuk membangun negara Indonesia.
Kalimat persuasif yang sesuai dengan topik tersebut adalah nomor ….
A.      (1) dan (2)
B.      (1) dan (5)
C.      (2) dan (3)
D.      (3) dan (4)
E.       (4) dan (5)
Jawaban : B
14.     Cermatilah paragraf berikut!
       Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, merupakan jurang yang besar dengan diameter mencapai 400 meter. Di Harau ini banyak keindahan yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. …. Dari mulai memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah menikmati tebing-tebing granit ini.
Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ….
A.      Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80—300 meter.
B.      Sebagian pemanjat tebing dunia telah mengunjungi tempat ini untuk dipanjatnya.
C.      Banyak orang membandingkan Lembah Harau yang indah dengan ”Grand Canyon”.
D.      Pengunjung menikmati keindahan alamnya dalam udara yang sangat segar dan bersih.
E.       Tebing granit di Lembah Harau telah lama menjadi daya tarik wisata Provinsi Sumatera Barat.
Jawaban : A
Kalimat deskripsi adalah kalimat yang menggambarkan sesuatu dengan detail/rinci.  Yang paling rinci dan tepat adalah kalimat  pilihan A.
15.     Cermatilah pantun berikut!
Kain batik berbahan katun
Lama dijemur di dekat pantai
Mari menjaga sopan santun
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
A.      Hidup jangan terlalu santai
B.      Agar hidup tentram dan damai
C.      Sambil bernyanyi ramai-ramai
D.      Perilaku lemah gemulai
E.       Terutama kebersihan pantai
16.     Cermatilah puisi berikut!
              Laut
Di bibir pantai ini
Aku bersimpuh menatapmu
Biru laut-Mu
Decak kagumku atas ciptaan-Mu
Aku enggan melangkah
Pesona keindahanmu
Menahanku …
Tuk tetap bersamamu
                       (Ratna Ningrum)
Diksi yang tepat untuk melengkapi larik puisi tersebut adalah ….
A.      beranjak
B.      bergelombang
C.      bergemuruh
D.      berdebur
E.       bergulung
17.     Cermati paragraf narasi berikut!
       Ombak bergulung lembut sore itu benar-benar menunjukkan pesona. Perahu dengan layar warna-warni menghias diaroma nyata alam terbuka. Kilau rona kemuning bias sinar matahari sore. Sementara itu, wajah kecut wanita muda berpaling bahwa pesona keindahan alam tak mau berpihak pada kisah asmaranya. Pemuda yang telah melukis kisah indah di hatinya ternyata tega berkhianat. Kesuciannya dirampas karena janji-janji kosong. Dia merenung ternyata keimanannya dikalahkan hanya dengan pujian memabukkan …. Rasanya tinggal kekecewaan yang sedang dilempar ke ufuk biar tenggelam, tapi mana mungkin?
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.      membuka hati
B.      kebahagiaan semu
C.      mulut manisnya
D.      mulut berbisa
E.       kelembutan hati
18.            Banyak iklan yang menawarkan jasa untuk menurunkan berat badan. Ada yang melalui tusuk jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau. Jenis diet pun bermacam-macam. Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi daging. Ada diet buah-buahan membatasi makan nasi dan makanan berkabohidrat tinggi. Beragam kiat dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. ….
Simpulan yang tepat untuk melengkapi  paragraf  di atas adalah ….
A.      Kita tidak akan mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan dan merawat kecantikan.
B.      Kaum wanita berlomba-lomba melakukan diet dengan berbagai cara agar terlihat cantik.
C.      Biaya yang diperlukan untuk menurunkan berat badan tidaklah mahal bila dilakkan dengan berolahraga.
D.      Para remaja di kota-kota besar sering mengalami kesulitan untuk melakukan diet di salon/dokter.
E.       Banyaknya  iklan penawaran diet membingungkan konsumen untuk memilih cata yang efektif.
 Cermati tajuk berikut untuk menjawab soal no. 19 dan 20!
       Apakah janji semasa pemilihan presiden hanya berfungsi sebagai penarik simpati? Ataukah janji itu merupakan cita-cita yang muncul dari lubuk hati? Bagaimana kita harus menempatkan janji pemimpin? Yang bijak tentu menilai kinerja pemimpin secara adil.  Waktu setahun belum cukup menampilkan hasil yang nyata, lebih-lebih satu prestasi. Apalagi kalau mengingat kondisi yang diwarisi sangat parah. Profesionalisme jelas merupakan modal utama untuk membuat  pemerintah berjalan dengan baik. Pekerja profesional membuat  tugas dapat dengan mudah terlaksana. Pemerintah kita rupanya tidak cukup terampil untuk mengikuti kiprah kemajuan yang diperlihatkan  Cina dan negara-negara Asia lain yang sudah lebih maju.
19.     Opini penulis dalam tajuk tersebut adalah ….
A.      Janji-janji pada waktu pemilihan hanya merupakan penarik simpati masyarakat.
B.      Kita hendaknya menagih janji pemimpin jika sudah terpilih dalam pemilihan.
C.      Hasil yang nyata dari sebuah pemerintahan dapat terlihat dari kinerjanya selama setahun.
D.      Pemerintah belum mampu mengikuti kiprah kemajuan Cina dan negara-negara Asia lainnya.
E.       Profesionalisme pemerintah tidak mampu menampilkan hasil  yang nyata bagi masyarakat.
20.     Permasalahan opini ditujukan kepada ….
A.      pemerintah
B.      rakyat
C.      Cina
D.      negara Asia
E.       generasi  muda
Cermati kutipan novel berikut untuk soal nomor 21 dan 22!
       Sebelum subuh mereka telah bangun. Siti Rubiyah ikut bangun pagi dan memasak kopi dan makanan pagi untuk mereka. Buyung merasa  agak berat dalam hatinya berangkat. Dia teringat Siti Rbiyah  yang ditinggalkan sendiri dengan Wak Hitam yang masih sakit. Kemarin malam panasnya naik lagi hingga dia mengerang-ngerang sepanjang malam dan sepanjang malam terdengar dia tak tidur. Dan tiap sebentar terdengar gerak Siti Rubiyah di dalam kamar mengambil air minum untuknya.
21.     Watak Buyung seorang yang perhatian dan peduli kepada orang lain dideskripsikan pengarang dalam kutipan tersebut dengan ….
A.      pikiran-pikiran tokoh
B.      dialog  antartokoh
C.      tanggapan tokoh lain
D.      secara langsung
E.       lingkungan di sekitar tokoh
22.     Amanat yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ….
A.      Tidak baik berputus asa menghadapi penderitaan hidup.
B.      Janganlah teralu menghitung-hitung jasa yang dilakukan.
C.      Sabar menghadapi cobaan yang menimpa diri.
D.      Pedulilah terhadap kondisi dan penderitaan orang lain.
E.       Janganlah mencurigai orang lain secara berlebihan.
       Wilibrordus Surendra Broto Rendra (lahir di Solo, 7 November 1935) adalah penyair ternama yang kerap dijuluki sebagai “Burung Merak”. Ia mendirikan Bengkel Teater di Yogyakarta padan tahun 1967 dan juga Bengkel Teater Rendra di Depok. Semenjak masa kuliah beliau sudah aktif menulis cerpen dan esai di berbagai majalah.
       Bakat sastra Rendra sudah mulai terlihat ketika duduk di bangku SMP. Saat itu ia sudah mulai menunjukkan kemampuannya dengan menulis puisi, cerita pendek, dan drama untuk berbagai kegiatan sekolahnya. Bukan hanya menulis, ia juga piawai di atas panggung. Ia mementaskan beberapa dramanya dan terutama tampil sebagai pembaca puisi yang sangat berbakat.
       ”Kaki Palsu” adalah drama pertamanya, dipentaskan ketika ia di SMP, dan ”Orang-Orang di Tikungan Jalan” adalah drama pertamanya yang mendapat penghargaan dan hadian pertama dari Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Yogyakarta. Pada saat itu ia sudah duduk di SMA. Penghargaan itu membuatnya sangat bergairah untuk berkarya.
       Karya-karya Rendra tidak hanya terkenal di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Banyak karyanya yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa asing, di antaranya bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Jepang, dan India.
23.     Hal yang dapat menjadi teladan serta menarik dari tokoh Rendra adalah ….
A.      Menjadi penyair terkenal yang mendapat julukan ”Si Burung Merak”.
B.      Sejak SMP sudah menunjukkan kemapuan menulis puisi, cerpen, dan drama.
C.      Karya-karyanya banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa asing.
D.      Mendapat penghargaan dan hadiah dari pemerintah atas hasil karyanya.
E.       Bergairah untuk berkarya karena sudah banyak mendapat penghargaan.
24.     Mengapa Rendra menjadi sangat bergairah untuk berkarya?
A.      Karena ia penyair yang mendapat julukan ”Si Burung Merak”.
B.      Karena menyadari dirinya mempunyai kemampuan bersastra.
C.      Karena ia adalah seorang pembaca puisi yang sangat berbakat.
D.      Karena karyanya banyak diterjemahkan ke dalam bahasa asing.
E.       Karena sejak duduk di SMA karyanya sudah  mendapat penghargaan.
25.     Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
       Ibarat pohon, benakku saat ini adalah sebuah pohon pengetahuan yang besar, kokoh, … rimbun hijau. Di cabangnya bergantung buah pikiranku yang matang dan siap dipetik. Sebuah panen raya dengan mengadakan … dan … rakyat, hidangan di meja panjang, begitulah aku membayangkan saat duduk di meja kerja dan menyalakan komputer.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada paragraf tersebut adalah ….
A.      daun-daun, lagu-laguan, tari-tarian
B.      daun-daun, lagu-lagu, tari-tarian
C.      dedaunan, melagu-lagu, tari-tarian
D.      daun-daunan, berlagu-lagu, tari-tarian
E.       daun-daunan, dilagu-lagukan, tari-tarian
26.     Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah ….
A.      Peran pemuda dalam menerima kepemimpinan bangsa
B.      Sikap Generasi Muda dalam Memperkokoh N.K.R.I.
C.      Kesiapan Anak Bangsa dalam Estaafet Kepemimpinan
D.      Penjagaan Anak Bangsa Dalam Memperkokoh NKRI
E.       Peran Pemuda di era Globalisasi
27.     Cermati topik karya tulis berikut!
Topik : Perbaikan mental remaja
Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah ….
A.      Remaja banyak sekali memerlukan perhatian orang di sekitarnya.
B.      Banyak orang tua yang tidak memahami tabiat anak remaja.
C.      Remaja adalah kelompok anak-anak yang beranjak ke usia pancaroba.
D.      Dewasa ini banyak remaja rusak mentalnya disebabkan berbagai faktor.
E.       Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki mental remaja.
28.     Cermati topik berikut!
Topik : Pelestarian tanaman obat dalam masyarakat
Kalimat rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ….
A.      Apa yang dapat dilakukan untuk melestarikan tanaman obat dalam masyarakat?
B.      Siapa yang terlibat untuk melestarikan tanaman obat dalam masyarakat?
C.      Mengapa perlu mengenal berbagai jenis tanaman obat dalam masyarakat?
D.      Upaya apa sajakah untuk menyadarkan masyarakat dalam pelestarian?
E.       Sejauh manakah kepedulian masyarakat terhadap tanaman obat?
29.            Cerita pendek Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari sekaligus menjadi judul kumpulan cerpen. Tokohnya adalah Karyamin, seorang tukang batu. Karyamin selalu tersenyum dalam situasi  apa pun. Dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari dikisahkan tokoh Srintil dan Rasus dari warga desa yang masih kuat memegang tradisi setempat.
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan berdasarkan ilustrasi  tersebut adalah ….
A.      Ahmad Tohari sangat jeli dalam mengangkat kehidupan masyarakat kecil menjadi cerita menarik.
B.      Ahmad Tohari memahami dengan baik adat dan tradisi masyarakat desa yang diceritakannya.
C.      Ahmad Tohari banyak mengangkat kisah-kisah kehidupan menjadi sebuah cerpen.
D.      Ahmad Tohari merupakan pengarang cerpen dan novel yang khusus mengangkat masyarakat kecil.
E.       Ahmad Tohari selalu mengangkat kehidupan masyarakat desa kelahirannya.
30.     Perhatikan dialog berikut!
Bapak          : ”Siapa yang datang, Bu?” (setelah temannya pergi)
Ibu                                : ”Teman kerja ibu, tadi ada pembagian honor.”
Bapak          : ”Tadi kan sudah ketemu di kantor?”
Ibu                                : ”Minta penjelasan tentang pembagian honor.”
Bapak          : ”Kok ke Ibu, Ibu kan bukan bendahara?”
Ibu                                : ”Dia kan selalu tidak terima dengan pembagian yang ada. Padahal, nggak ikut kerja.”
Bapak          : ”….”
Ibu                                : ”Ya begitulah, ia selalu menilai pekerjaan dengan uang.”
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dialog tersebut adalah ….
A.      Dia selalu gelap mata dalam bertindak.
B.      Semua mengenal dia sebagai pekerja yang ulet.
C.      Ia termasuk karyawan yang sangat berpengalaman.
D.      Wow, dia memang mata duitan.
E.       Pekerjaan dia memang terlalu banyak.
31.      Perhatikan penggalan paragraf berikut dengan saksama!
       (1)Amat wajar jika masyarakat mendambakan agar polisi memiliki kesaktian luar biasa, tetapi diakui juga memiliki kelemahan yang dinilai manusiawi. (2)Selain tegas dalam menegakkan hukum juga bisa bersinergi dengan masyarakat dalam mencegah kejahatan. (3)Terlebih garis marka antara polisi dan masyarakat dalam mencegah kejahatan sangat tipis. (4)Polisi dan masyarakat adalah dua komunitas yang tidak mungkin dipisahkan karena polisi lahir dari masyarakat dan untuk masyarakat. (5) Institusi kepolisian sendiri sangatlah penting artinya bagi sebuah negara sebagai bagian dalam menata masyarakatnya.
Kalimat yang menggunakan istilah tidak tepat pada paragraf tersebut adalah kalimat nomor ….
A.      (1)
B.      (2)
C.      (3)
D.      (4)
E.       (5)
32.     Cermatilah kutipan paragraf berikut!
       Selain berfungsi sebagai tanaman hias, lidah buaya juga memiliki berbagai manfaat yang berguna, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Sudah  berabad-abad lamanya lidah buaya digunakan sebagai bahan untuk merawat kecantikan para putri raja. Sedangkan sebagai obat, bermanfaat untuk memperlambat tumbuhnya virus HIV, memperbaiki sistem pencernaan, membunuh kumah, dan menghilangkan rasa sakit.
Tujuan penulis artikel ini untuk memberitahukan kepada pembaca bahwa ….
A.      Tanaman hias lidah buaya sangat bermanfaat bagi penanamnya.
B.      Orang dapat mengandalkan lidah buaya untuk penyembuhan penyakit.
C.      Tanaman hias lidah buaya bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit.
D.      Lebih baik menanam lidah buaya karena dapat dipergunakan sebagai obat.
E.       Tanaman hias yang paling berkhasiat adalah tanaman lidah buaya.
       Kendala utama tidak berjalannya pendaftaran penduduk ini terletak pada ketidakseriusan pemerintah dalam melaksanakannya, termasuk pemerintah daerah. Ada kesan bahwa pendaftaran penduduk hanya dianggap sebagai aktivitas administratif belaka. Apabila ditelaah pendaftaran penduduk memiliki dimensi yang sangat luas, baik bagi pemerintahan maupun bagi individu penduduk. Pemerintah harus berupaya bangkit dari stagnasi terkait proses pendaftaran penduduk.
33.     Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut ialah….
A.      Bagaimana proses pelaksanaan pendaftaran penduduk?
B.      Apa kendala utama tidak berjalannya proses pendaftaran penduduk?
C.      Mengapa pendaftaran penduduk tidak dianggap penting?
D.      Apa saja manfaat dilaksanakannya pendaftaran penduduk?
E.       Di mana ketidakseriusan pemerintah pusat dalam pendaftaran?
34.     Arti istilah stagnasi dalam teks tersebut adalah ….
A.      keadaan terhenti
B.      tersendat-sendat
C.      kondisi mundur
D.      keadaan terpuruk
E.       terseok-seok
Cermati puisi berikut untuk menjawab soal nomor 35, 36, dan 37!
                     Api Suci
Selama nafas masih mengalun
Selama jantung masih memukul
Wahai api bakarlah jiwaku
Biar mengaduh, biar mengeluh
      Seperti wajah merah membara
Dalam bakaran api nyala
Bias jiwaku habis terlebur
Dalam kobaran nyala raya
Sesak menyesak di kalbu
Gelisah liar mata memandang
Di mana duduk rasa dihujan
Demikian rahmat tumpahkan selalu
Nikmat rasa api mengapus
Nyanyian semata bunyi jeritku
                                                (Sutan Takdir Alisyahbana)
35.     Makna lambang ”api”  dalam puisi tersebut adalah ….
A.      kehebatan seseorang
B.      semangat juang
C.      keteguhan hati
D.      angan-angan diri
E.       sangat marah
36.     Maksud isi puisi tersebut adalah ….
A.      Kehebatan seseorang melawan penderitaan hidup.
B.      Perjuangan seseorang yang tidak pernah berakhir.
C.      Membangkitkan semangat hidup seseorang.
D.      Ketakutan seseorang akan kehilangan tanah airnya.
E.       Kesetiakawanan yang dimiliki seseorang.
37.     Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut adalah ….
A.      mencekam
B.      haru
C.      marah
D.      bersemangat
E.       gembira
38.     Cermatilah gurindam berikut!
Dengan ibu hendaklah hormat
Supaya badan dapat selamat
Maksud isi gurindam tersebut adalah ….
A.      Hormatilah ibumu agar kamu tidak mendapat celaka di jalan.
B.      Hormatilah kaum ibu agar mereka mendoakan keselamatan bagi kita.
C.      Patuhilah semua nasihat ibu agar diri kita terhindar dari bencana.
D.      Berilah hormat pada setiap ibu agar ia memberimu selamat.
E.       Patuh dan berbaktilah pada ibu agar selamat dunia dan akhirat.
Cermatilah paragraf berikut dan jawablah soal no. 39 dan 40!
       (1)Kondisi kendaraan yang tidak layak sering menyebabkan kecelakaan lalu lintas jalan raya. (2) Keadaan ban yang sudah menipis dapat menyebabkan ban pecah pada saat kendaraannya melaju. (3)Ada kendaraan yang tidak berfungsi sebagaimana seharusnya karena kanvas rem sudah tipis. (4)Ada pula rem kendaraan blong karena minyak rem bocor. (5) Kelelahan logam atau disebut dengan istilah aus juga menyebabkan bagian kendaraan patah.
39.     Isi informasi dalam paragraf tersebut adalah ….
A.      Kurangnya kontrol keadaan kendaraan oleh pemilik kendaraan.
B.      Kondisi kendaraan penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya.
C.      Kondisi buruk pengguna jalan raya penyebab kecelakaan.
D.      Hal buruk yang tidak bisa dihindari oleh pengguna jalan raya.
E.       Pengendara yang sering melanggar tata tertib berlalu lintas.
40.     Kalimat yang strukturnya rancu dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
A.      (1)
B.      (2)
C.      (3)
D.      (4)
E.       (5)
41.     Cermatilah kalimat penutup surat berikut!
Demikianlah surat lamaran ini saya sampaikan kepada Bapak. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.
Perbaikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan (yang dicetak miring) adalah ….
A.      Atas perhatian Bapak, Saya ucapkan terima kasih.
B.      Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.
C.      Atas perhatian Bapak, diucapkan terima kasih.
D.      Atas perhatian Bapak, diucapkan terima kasih.
E.       Atas perhatian Bapak saya mengucapkan terima kasih.
42.     Cermatilah kutipan surat undangan berikut!
Sehubungan dengan perayaan ulang tahun SMA Bakti Negara, kami mengundang perwakilan OSIS SMA Sayang Bangsa. Acara akan diadakan pada,
….
Penulisan pemerian pelaksanaan acara untuk melengkapi kutipan surat tersebut adalah ….
A.      hari, tanggal                                  : Sabtu, 7 April 2012
waktu                                              : pukul 08.00—13.00 WIB
tempat                                           : aula SMA Bakti Negara
acara                                                : pentas seni siswa
B.      Hari, tanggal                                 : Sabtu, 7 April 2012
Waktu                                             : Pukul 08.00—13.00 WIB
Tempat                                           : Aula SMA Bakti Negara
Acara                                               : Pentas Seni Siswa
C.      Hari, Tanggal                                 : Sabtu, 7 April 2012
Waktu                                             : Pukul 08.00—13.00 WIB
Tempat                                           : Aula SMA Bakti Negara
Acara                                               : PENTAS SENI SISWA
D.      hari, tanggal                                  : Sabtu, 7 April 2012
waktu                                              : pukul 08.00—13.00 WIB
Tempat                                           : AULA SMA BAKTI NEGARA
acara                                                : pentas seni Siswa
E.       HARI, TANGGAL                          : SABTU, 7 APRIL 2012
WAKTU                                           : PUKUL 08.00—13.00 WIB
TEMPAT                                         : AULA SMA BAKTI NEGARA
ACARA                                            : PENTAS SENI SISWA
43.     Cermatilah paragraf generalisasi berikut!
       Di Kota A terdapat 35 Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada tahun lalu sebanyak 24 SMA dapat meluluskan siswanya 100%. Sementara itu, 7 SMA lainnya mampu meluluskan siswa 99%, sedangkan sekolah lainnya di kota itu bisa meluluskan 97%. ….
Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah ….
A.      Jadi, semua sekolah di Kota A merupakan sekolah favorit.
B.      Dengan demikian, sekolah di Kota A merayakan kelulusan  dengan gembira.
C.      Kesimpulan bahwa proses pembelajaran di sekolah berlangsung tertib dan disiplin.
D.      Maka, semua sekolah di Kota A mendapatkan penghargaan dari semua orang tua siswa.
E.       Dapat dikatakan bahwa sekolah-sekolah di Kota A mampu meluluskan siswanya dengan baik.
44.     Cermati silogisme berikut!
Premis umum          :  Siswa yang baik selalu belajar dengan teratur.
Premis khusus         :  Mely siswa yang baik.
Simpulan                    :  ….
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah ….
A.      Karena itu, Mely naik kelas karena belajar dengan teratur.
B.      Mely adalah siswa yang selalu belajar.
C.      Jadi, Mely selalu belajar dengan teratur.
D.      Berarti cara belajar Mely sudah benar.
E.       Mely siswa yang baik karena selalu belajar dengan teratur.
45.     Cermatilah paragraf berikut!
       Bus … yang kami tumpangi melaju dengan tenang membawa kami menuju objek wisata. Bus tersebut sudah biasa membawa penumpang ….  Mesinnya pun halus bunyinya karena mesinnya menggunakan  … canggih.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.      eksekutif,  antarprovinsi, tekhnologi
B.      eksekutif, antarprovinsi, teknologi
C.      eksekutive, antar-provinsi, teknologi
D.      eksekutif, antar-provinsi, technologi
E.       eksekutip, antarpropinsi, tehnologi
46.     Cermati teks berikut!
       Hari itu Pak Budiman, pemilik dua tabungan, mendapat telepon dari Bank Nagari yang mengabarkan dia memperoleh hadiah sepeda motor. Dia ragu, jangan-jangan ini  hanya penipuan. Namun, Arif anaknya mendesak untuk membuktikannya. Pak Budiman beryukur karena sepeda motor itu bisa dipakai untuk ke sekolah oleh Arif. Sebulan kemudian Bank BRI juga menarik undian Simpedes. Pak Budiman menerima telepon  yang mengabari bahwa dia menjadi pemenang utama. Kali ini dia juga tetap berhati-hati menanggapinya karena banyak penipuan tentang pemenang undian. Akan tetapi, anaknya Ikbal, bersemangat dan langsung menemui panitia. Ternyata memang Pak Budimanlah pemenang hadiah mobil Avanza keluaran terakhir itu. Nasib Pak Budiman …..
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.      Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian.
B.      Sekali ombak besar sekali tepian berubah.
C.      Bagaikan mendapat durian runtuh.
D.      Mati semut karena gula.
E.       Bagai orang dahaga mendapat air.
47.     Cermatilah paragraf berikut!
       Pesatnya perkembangan iptek telah menggugah keingintahuan masyarakat terhadap sains. Untuk itu, tidaklah mengherankan jika media massa terus … memenuhi kebutuhan pembacanya akan sajian-sajian iptek. Dengan intensitas dan visi yang berbda-beda, setiap media akan …  tulisan-tulisan iptek sesuai dengan selera pembacanya. Namun, dalam fungsinya sebagai media massa, tentulah tulisan-tulisan tersebut … dengan bahasa dan gaya populer penulisan.
Kata barimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ….
A.      dicoba, mensajikan, mentampilkan
B.      menyoba, menyaji, menampilkan
C.      mencoba, menyajikan, menampilkan
D.      mencoba, menyajikan, ditampilkan
E.       mencobakan, disajikan, ditampilkan
48.     Cermatilah cerpen berikut!
       Biaya hidup sekarang jauh lebih banyak. Sekarang semua orang perlu membeli bensin untuk sepeda motor dan mobil. ….  Paling mereka bersepeda. Dan, kita ke mana-mana jalan kaki, bukan? Sekarang mereka berlomba-lomba ingin mendapatkan televisi berwarna dan membeli lemari es.
Kalimat bermajas metonimia yang tepat untuk melengkapi cerpen tersebut adalah ….
A.      Mereka banyak yang mengedarai sepeda motor.
B.      Hanya beberapa orang yang berjalan kaki.
C.      Besok mereka akan pergi ke luar kota.
D.      Dulu di desa ini tidak ada yang memakai Honda.
E.       Orang di desa jarang sekali pergi menggunakan mobil.
49.     Cermatilah paragraf esai berikut!
       Berbicara tentak masalah saja, kita sering menjumpai kata-kata mentah, gagal sebagai sebuah sajak, tidak berbobot. Penyebabnya ada dua kemungkinan. Mungkin lantaran penulisnya belum mahir dalam teknik menulis sajak. Kemungkinan kedua kurangnya penghayatan terhadap hidup. Tidak menaruh perhatian pada filsafat, atau memang usianya belum memungkinkan untuk berkecimpung dalam dunia filsafat. Realita yang terdapat dalam dirinya belum sanggup ia kaitkan dengan realita di luar karena usianya masih muda remaja.
Kalimat simpulan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut ialah ….
A.    Banyak karya sastra berupa sajak, namun tidak tergolong ke dalam sajak berkualitas.
B.    Karya sastra yang berkualitas  terlahir dari sastrawan yang berpengalaman.
C.    Penulis sajak yang berkualitas memerlukan penghayatan.
D.    Ilmu filsafat sangat menentukan kualitas karya sastra yang dibuatnya.
E.     Penulis sajak harus mahir dalam teknik menulis sastra.
50.     Cermatilah kutipan cerpen berikut!
Ketika guru dan murid telah membiasakan belajar di alam terbuka, melihat ukang kebun itu bekerja sendirian, semuanya mendekat.
”Jaring itu untuk apa, Pak?”
”Unruk menjaring malaikat.”
”Malaikat?”
”Benar.”
”Boleh kami bantu, Pak?”
”Boleh. Boleh tentu saja. Malah setelah ini, kalian akan saya ajak menunggui jaring ini.”
”Kenapa mesti ditunggu?”
”Sebentar lagi Jibril akan gentayangan terperangkap jaring ini.”
Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan adalah ….
A.      Isi kutipan cerpen ini sulit dicerna karena hanya mengungkapkan halusinasi yang menimbulkan keanehan  dan kebingungan pembacanya.
B.      Cerita yang menarik dan membuat pembacanya penasaran untuk mengikuti alur cerita yang disajikan penulis.
C.      Cerpen Danarto telah berhasil menarik perhatian pembaca terutama karena hasil ceritanya yang unik.
D.      Penggunaan dialog yang pendek telah memudahkan pembaca untuk memahami isi cerita.
E.       Danarto telah sukses menjadi cerpenis yang unik dengan cerita-cerita sangat menarik.

sumber: http://bahasaindonesiayh.blogspot.com/2012/07/soal-un-bahasa-indonesia-tahun.html
SOAL UN SMP BAHASA INGGRIS TAHUN 2013






Tidak ada komentar:

Posting Komentar